Thu. Jul 2nd, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Tegas Cegah Covid, Dandim Martapura Himbau Pedangang Taati Aturan

BANJARBARU – Ketua Gugus tugas Covid -19 Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani resmi menyematkan banlengan kepada petugas tanda dimulainya penerapan disiplin protokol kesehatan di wilayah Kota Banjarbaru.

Dandim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto selaku Dansub Satgas usai menghadiri acara tersebut langsung melakukan peninjauan ke pos dan pasar.

Di tempat tersebut Dandim merasa prihatin karena masih ada para pedagang dan pembeli di pasar Bauntung yang tidak menggunakan masker.

” Kami Prihatin, meski kemarin sudah kita simulasikan sebelum penerapan ini, tapi ternyata masih banyak masyarakat belum menyadari peraturan. Hal ini kami temukan saat sidak” terang Siswo.

“Pemandangan yang sangat memprihatinkan, masih banyak masyarakat yang rendah kepedulian dan kesadarannya terhadap sebaran virus karena masih ada beberapa pedagang dan penjual yang tidak menggunakan masker serta pembeli itu sendiri” sambungnya.

Sambari dari setiap sudut toko dan pedagang bahkan emperan para petugas mengawal Dandim terus berupaya melakukan edukasi dan sosialisasi.

“Contohnya, kepada pedagang Kakek Sahman (57) warga Astambul Dandim memberikan imbauan dan arahan bahwa apabila tidak menggunakan masker, tentunya sangat berpotensi dan sangat rentan sekali terhadap yang lainnya yakni menjaga keselamatan diri dan orang lain, supaya bukan hanya kita tidak tertular virus tapi kita tidak menularkan virus kita” Ungkapnya’

“Jadi ulun , mengharapkan lawan piyan lah, setiap ke pasar jangan lupa bawa terus itu masker, kalau ada pencucian tangan sering aja piyan bersihkan, agar piyan tidak merasa panik dan resah ikuti protokol kesehatan” tegasnya.

Siswo juga menuturkan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona, kerjasama seluruh lapis masyarakat sangat diperlukan, bukan petugas kepolisian dan TNI bukan petugas medis namun masyarakat juga berperan sebagai garda terdepan.

“Seluruh lapisan masyarakat bersama-sama dengan cara mematuhi dan disiplin melaksanakan imbaun pemerintah, pemuka agama dan petugas dengan menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak menerapkan social dan physical distacing guna memutus rantai penyebaran virus Corona” pungkasnya. (Ikh)