Thu. Jul 9th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

E-Learning Solusi Efektif di Masa Pandemi

Foto: Lili Sularmi, Dosen Universitas Pamulang.

DAMPAK terbesar dari adanya pandemi dirasakan secara signifikan terhadap perubahan cara bersosialisasi sampai dengan perubahan metode pembelajaran.

Dengan pemberlakuan school from home atau belajar di rumah otomatis para siswa dan mahasiswa dihadapkan dengan persoalan yang sangat krusial, sistem pengajaran yang selama ini di terapkan sudah cukup efektif dalam meningkatkan knowledge para siswa, namun keadaan sekarang memaksa para pengajar mencari cara bagaimana kegiatan belajar mengajar dapat beroprasi secara maksimal dan kalau bisa disetarakan dengan metode klasikal yang selama ini dilaksanakan.

Penggunaan sistem daring cukup efektif untuk mengcover siswa dalam hal menerima transfer ilmu dari guru atau tutor nya, karena mata pelajaran masih mudah sementara media sosial, Google, YouTube dan lainya sudah cukup membantu dalam proses pembelajaran dengan menyajikan berbagai pengetahuan sesuai dengan kebutuhan, tinggal bagaimana ke efektifan guru dalam mwnginstruksikan tugas nya kepada siswa dengan style nya masing-masing.

Bagaimana dengan perkuliahan, dimana yang di ajar adalah para remaja yang beranjak dewasa, instruksi-intruksi yang di berikan dengan cara di atas belum tentu dapat di terima dengan baik oleh mereka, mahasiswa cenderung menolak order atau instruksi satu pihak yang diberikan oleh dosen, karena perkembangan daya pikir nya mereka cenderung lebih suka dipancing ketimbang di suruh.

Media E-Learning satu-satunya akses yang cukup baik di jadikan sarana belajar, namun pelaksanaan nya tetap mengacu kepada ke kreatifan dosen untuk “memancing” mereka untuk mengikuti instruksi dengan perasaan senang dan tidak terbebani untuk mengerjakan.
Pemilihan konten yang menarik, tautan video yang seru, serta pancingan soal diskusi yang asik akan merangsang mahasiswa untuk segwra mengerjakan namun demikian gangguan teknis seperti server down, kehabisan kuota, jaringan internet dan lain sebagainya menjadi permasalahan yang pasti akan terjadi.

Bagaimana kendala-kendala tersebut dapat diatasi, dibutuhkan kreatifitas dosen untuk “keep in touch” dengan mahasiswa nya, dukungan moril baik dari dosen itu sendiri sangat di perlukan dalam masa pandemi ini.

Intinya, Keep Spirit Untuk Pengajar di Seluruh Indonesia

 

Oleh: Lili Sularmi
Dosen Universitas Pamulang