Tue. Jul 14th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Satpol PP Razia Warga Tidak Memakai Masker

 

Rakyatmerdekanews.com – Purworejo –  – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dibantu anggota polisi, TNI, BPBD dan Dinas Perhubungan menggelar razia masker, Rabu (3/6).

Razia dipusatkan di sekitar Alun-alun sisi barat (depan Masjid Agung) dan sisi timur (depan SD Maria). Mulai sekitar pukul 08.00 WIB hingga 09.00 WIB puluhan personil gabungan tersebut mencegat pengguna jalan, baik pejalan kaki, sepeda, sepeda motor dan mobil yang melintas.

Petugas akan menghentikan dan mendata bagi warga yang tidak mengenakan masker. Selain itu, untuk memberi efek jera karena sudah melanggar, warga yang terjaring razia disuruh menghafal teks Pancasila, UUD 45, dan push up.

“Untuk tahap awal ini kami sengaja tidak langsung menetapkan denda, tapi kita kedepankan dulu edukasi tentang manfaat mengenakan masker,”kata Kasat Pol PP Damkar Purworejo, Budi Wibowo, S.Sos, disela kegiatan razia.

Diungkapkan, kegiatan razia masker sebagai tindak lanjut Peraturan Bupati (Perbup) Purworejo no 29 tahun 2020 tentang percepatan penanggulangan Covid-19 yang salah satu poinnya kewajiban menggunakan masker.

“Jadi razia ini bagian dari penegakan dan penertiban yang akan terus kita lakukan dengan lokasi yang berbeda-beda setiap harinya sampai tanggap darurat selesai,”ucap Budi.

Lanjut Budi, meski pada tahap awal hanya diberi peringatan lisan dan pemberian masker namun jika ada warga yang terjaring lagi hingga dua atau tiga kali maka akan dikenai tindakan tegas berupa denda.

“Sesuai Perbup no 29 tahun 2020 denda maksimal yang dikenakan senilai Rp 50 ribu,” tandas Budi.

Disebutkan, dari hasil razia tersebut terjaring 95 pelanggar, 80 persen warga Kabupaten Purworejo dan sisanya warga luar daerah dengan latar belakang atau profesi wiraswasta seperti supir dan sales.

Sebagian besar pelanggar yang terjaring berasalan lupa membawa masker dan kurang mengindahkan protokol kesehatan dalam masa penanggulangan Covid-19. (War)