Thu. Jul 9th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Pilih Asuransi Kesehatan yang Baik di Saat Wabah Pandemi Corona

Foto: R. Chepi Safei Jumhana, Dosen Universitas Pamulang.

BENEFIT merupakan manivestasi atau perwujudan dari 5 kebutuhan seperti saat kondisi sakit, kecelakan, cacat, meninggal dan karena usia sudah tua, seberapa besar produk asuransi dapat memberikan perlindungan dari perluasan manfaat dan besaran nominalnya.
Memberikan perlindungan untuk penyakit kritis, Virus Disease Corona yang menyebabkan Covid -19 memang lebih banyak menyebabkan gejala penyakit ringan seperti flu dan radang tenggorokan. Namun dalam beberapa kasus virus ini dapat memicu komplikasi jika tidak ditangani sedini mungkin

Beberapa komplikasi yang dapat timbul akibat virus corona antara lain Pneumonia, gagal nafas akut dan Acute Respiratory Distress Syndrome (ARDS). Ketiganya masuk dalam katagori penyakit kritis,
sayangnya tidak semua asuransi kesehatan menawarkan perlindungan untuk penyakit kritis dan bawaan. Karena itu sebelum membayar premi, sebaiknya pahami isi polis yang ditawarkan dan pastikan mereka menyediakan manfaat untuk penyakit kritis yang diakibatkan karena Virus Corona mengcover biaya Laboratorium. Umumnya pasien yang menunjukan gejala Covid-19 seperti demam dan flu akan masuk dalam katagori Orang Dalam Pengawasan (0DP) dan harus melakukan sejumlah pemeriksaan seperti tes Rapid untuk memastikan apakah terjangkit virus corona atau tidak.

Biaya pemeriksaan tidak ditanggung oleh pemerintah melainkan dibayar pribadi, meski dimikian hanya dua pemerikasaan yang dijalankan namun biaya untuk kedua tindakan ini cukup besar, kurang lebih mencapai Rp 1,5 Juta setiap kali tindakan.
Saat memilih asuransi yang tepat, pastikan jika perusahaan mengcover juga biaya pemeriksaan untuk tes laboratorium. Memang tidak semua biaya ditanggung, namun setidaknya bisa mengurangi bisa mengurangi beban atau risiko keuangan ketika gejala Covid-19 mendera.

Sistem pembayaran cashless, berbagai tes yang mesti dilakukan oleh para ODP atau siapun anda yang ingin memastikan diri anda tidak terjangkit virus corona itu ada banyak. Mudah bagi anda yang memiliki cash mencukupi, namun bagaimana mereka yang mengandalkan asuransi terlebih dengan system reimburse.

Tetap saja anda harus punya dan sendiri untuk membayar dulu biaya yang ditanggihkan, baru kemudian mengajukan klaim dua minggu kemudian, mendapatkan penggantian dari pihak asuransi. Jika anda bukan tipe orang yang gemar menabung dan selalu memiliki cash, sebaiknya pilih jenis asuransi yang memberikan klaimsecara cashless.
Asuransi dengan system cashless ini sangat mudah digunakan, hanya perlu memberikan kartu kepesertaan asuransi kepada rumah sakit dan semua jenis perawatan yang dibutuhkan bisa segera didapatkan. Dengan adanya asuransi, anda bisa mendapatkan pelayanan medis lebih cepat dan maksimal.

 

Oleh : R. Chepi Safei Jumhana
Dosen Universitas Pamulang