Tue. Jul 14th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Genius Umar Pimpin Berbagai Komunitas Gelar Aksi Bersih Pantai

 

Rakyat Merdeka News.Com Pariaman Sumbar — Untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni kemaren, Walikota Pariaman, Genius Umar beserta dengan berbagai lintas sektor dan Komunitas yang peduli lingkungan, gelar Aksi Bersih Pantai yang bertempat di kawasan Asean Youth Park (Taman Tugu Asean), Kelurahan Pasir, Kecamatan Pariaman Tengah, Sabtu (6/6/2020).

“Kenapa kita laksanakan hari ini bukanya kemaren (jum’at) bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, adalah agar kita dapat menggelar aksi ini dengan berbagai Komunitas anak muda dan lintas sektoral sehingga acara ini dapat menjadi budaya untuk membiasakan membersihkan pantai, karena kita adalah daerah tujuan wisata,” ujar Genius Umar.

Aksi Bersih Pantai ini dilakukan juga sebagai kesiapan Kota Pariaman, dalam memasuki fase New Normal yang akan sebentar lagi kita laksanakan. Ketika New Normal nanti, kehidupan akan berjalan seperti biasa sebelum terjadinya wabah Covid-19, tetapi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan aturan yang ditetapkan oleh pemerintah,” tukasnya.

Seperti yang diketahui bersama, saat ini Provinsi Sumatera Barat dan juga Kota Pariaman masih melaksanakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) perpanjangan kedua sampai tanggal 7 Juni 2020.

“Besok kita akan menggelar Vidcon dengan bapak Gubernur Sumbar bersama Bupati dan Walikota se Sumbar, membahas persiapan Sumbar untuk menghadapi New Normal yang rencana akan dilaksanakan setelah selesai PSBB tahap II ini di tanggal 8 Juni 2020 mendatang,” ungkapnya.

Untuk tema yang diangkat dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2020 kali ini, adalah Time for Nature dengan fokus pada Biodiversitas atau ‘Keanekaragaman Hayati’.”Karena itu kita mesti menjaga keanekaragaman hayati, sebab keberadaan makhluk hidup sangat penting bagi ekosistem serta menjaga rantai makanan dapat terus terjaga,” ucapnya.

Lulusan S3 IPB ini juga mengatakan bahwa sesuai dengan tema tahun ini Time For Nature, yang mengajak seluruh penduduk dunia untuk menyadari bahwa makanan yang kita makan, air yang kita minum, dan ruang hidup di planet yang kita tinggali, adalah sebaik-baiknya manfaat dari alam (nature), sehingga harus kita jaga kelestariannya, ulasnya.

“Sebab itu, melindungi keanekaragaman hayati sangat penting bagi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Kita berharap, semua kalangan dapat memaknai aksi yang kita lakukan hari ini, sebagai bentuk kesadaran kita untuk menjaga lingkungan dan keanekaragaman hayati yang ada didalamnya,” ungkap Genius.

Setiap tahunnya, Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau  World Environment Day, selalu diperingati pada 5 Juni, sejak pertama kali Majelis Umum PBB menetapkannya pada 1974. Peringatan ini juga bertujuan demi meningkatkan kesadaran global akan kebutuhan untuk mengambil tindakan lingkungan yang positif bagi perlindungan alam dan planet Bumi.

Dalam Aksi Bersih Pantai ini diikuti oleh Kepala OPD, Camat, Kabag, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka 16 Kota Pariaman, Babinsa Pasir, jajaran BPBD, Pol PP, DLH, Dinas Parbud, Komunitas Merah Putih Pariaman, MP3 (Melenial Pariaman Peduli Pantai), Pempala, XTC, KPER (Komunitas Pendaki Elite Pariaman) dan komunitas pemuda peduli lingkungan lainya, serta masyarakat dan ibu-ibu Kelurahan Pasir yang ikut serta. (J/KN)