Sun. Sep 27th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Lagi, Polisi Gulung Komplotan Pencuri Spesialis Elektronik Lintas Provinsi


Rakyatmerdekanews.com – Ternate – Tim Resmob Polres Ternate berhasil membekuk komplotan pencuri spesialis barang elektronik lintas provinsi yang sudah meresahkan warga Ternate,Bitung dan Makassar.Hal ini dikatakan oleh Kapolres Ternate, AKBP Aditia Laksimada dalam keterangan persnya kepada awak media didepan ruangan sat reskrim Polres Ternate.(29/06)

AKBP Aditia mengatakan bahwa komplotaan yang terdiri dari SJ alias Ipul (26) asal Bitung, SM alias Ukin (27) asal Bitung, MR alias Dedi (34) asal Bitung dan S alias Nandito (25) asal Makassar telah melakukan aksi pencurian sebanyak 33 lokasi berbeda yang diantaranya 27 lokasi berada di Kota Ternate sedangkan sisanya dilakukan di Kota Makassar dan Bitung. Ternate.

” Aksi ke empat pelaku ini terungkap setelah ada laporan warga yang kehilangan HP di salah satu kos di Kelurahan Tabam,Ternate Utara pada tanggal 13 Juni 2020 sehingga Tim Resmob Polres Ternate segera lakukan penyelidikan dan berhasil menangkap mereka di dua hari yang berbeda,” ungkap Kapolres.

Kapolres menjelaskan bahwa aksi kelompok ini melakukan pencurian dikota Ternate sudah berjalan selama tiga bulan dan barang yang disasar berupa alat elektronik seperti handphone dan laptop.

” Modusnya, pelaku lebih dahulu memastikan pemilik rumah dengan mengetuk pintu sambil mengamati lokasi. Jika lokasi sekitar sunyi, para tersangka langsung menjarah barang korban,” jelas AKBP Aditia.

Dia menerangkan bahwa barang bukti yang berhasil diamankan dari keempat tersangka adalah 12 unit ponsel, 9 unit laptop dan 2 unit sepeda motor honda beat yang digunakan para tersangka untuk melancarkan aksi pencurian.

” Sekarang kami masih lakukan pendalaman. Dan ada satu pelaku lagi yang masih kami kejar. Atas perbuatan keempat pelaku dikenakan Pasal 363 ayat (1) ke-4 Jo Pasal 64 KUHP sub 362 KUHP Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1e KUHPidana ancaman hukuman 7 tahun penjara,” terang orang nomor satu di Polres Ternate.

Kapolres menghimbau bagi warga Kota Ternate yang merasa kehilangan handphone dan laptop dipersilahkan datang ke Sat Reskrim Polres Ternate.

” Warga Kota Ternate yang merasa kehilangan HP dan Laptop silahkan ke Sat Reskrim Polres Ternate untuk melihat dan menunjukan bukti kepemilikan hp atau laptop yang hilang,” tutup AKBP Adit.(Kifli /Arief)