Mon. Jul 6th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Menjalin Komunikasi Kebencanàn, BPBD Agam Jalin Kerjasama Dengan RAPI 03.03 Agam

 

Rakyat Merdeka News.Com Agam Sumbar — Dalam mempercepat penerimaan penyampaian informasi kebencanaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Agam jalin kerjasama dengan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Wilayah 03.03 Kabupaten Agam, ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman. Selasa (30/6), di Lubuk Basung.

Nota kesepahaman ini dimaksudkan sebagai pengikat antara kedua lembaga dalam bidang penyampaian informasi kebencanaan. Mengingat dalam keadaan bencana, penyampaian informasi hanya dapat dilakukan melalui radio komunikasi HF atau VHF.

Oleh karena itu, BPBD melakukan kerjasama dengan organisasi yang memang membidangi kebutuhan masalah informasi baik pasca bencana, tanggap darurat dan maupun pasca bencana.

Hal ini ditegaskan dalam pasal 2 dalam nota kesepahaman yang ditandatangani oleh kedua belah pihak. Dalam uraiannya disebutkan bahwa ruang lingkup kerjasama tersebut meliputi pemberian informasi dan komunikasi melalui radio HF dan VHF di kabupaten Agam.

Kegiatan yang dilaksanakan diruang rapat Posko Gugus Tugas Covid-19 BPBD Agam ini dihadiri oleh pengurus RAPI Kabupaten Agam, pengurus PMI Agam, Senkom Polres Agam, Humas dan Kominfo serta dari Satgas dan Pusdalops PB BPBD Agam.

Untuk itu, diharapkan dengan adanya peran serta dari organisasi yang spesifik dibidang komunikasi dan informasi ini, bisa meringankan beban kerja BPBD dalam hal penyedia personil dan kemampuan untuk melakukan jaring komunikasi dilokasi bencana.

“Dukungan dan komitmen semua pihak khususnya untuk teman-teman dari Rapi sangat membantu BPBD Agam untuk dapat menyerap informasi awal pada saat terjadinya bencana di daerah melalui informasi radio,”  ungkap Kepala Pelaksana BPBD Agam Mhd. Lutfi.AR.SH.M.Si. dalam sambutannya.

Sementara Kadiskominfo Agam Fauzan Hutasuhut mengucapkan terimakasih atas telah terjalinnya kerjasama dan akan berupaya dalam meningkatkan kapasitas operator agar komunikasi semakin baik.

Selanjutnya Komunikasi dan informasi saat ini sangat dibutuhkan melalui Radio. Mari kita jalin tetus komunikasi dan saling memberi informasi. Kerjasama dalam kebencanaan di Pemda Agam sangat dibutuhkan, tutupnya.(KN)