Tue. Jul 14th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Wabup: Sosialisasi Pemakaian Masker Jangan Terhenti

Rakyatmerdekanews.com.- Purworejo —
Menyusul pengarahan Presiden dan dialog dimasa pandemi covid -19 Gugus Tugas Provinsi Jawa Tengah dan kabupaten kota se Jawa Tengah melalui video converen (Vidcon). Wakil Bupati Purworejo Hj.Yuli Hastuti SH,
mengingtakan agar sosialisasi pemakaian masker terus dilakukan.

Hal tersebut dikatakan Wabup usai mengikuti pengarahan Presiden melalui Vidcon di Command Center Dinas Kominfo Kabupaten Purworejo, Selasa (30/6).

Selain Wabup Yuli Hastuti juga hadir Kapolres AKBP Rizal Marito SIK SH MSi, Kodim Pasi Ops Kodim Kapten Inf Daryanta, Kejaksaan Negeri Kasi Intel Zaenal SH, Anggota DPRD Rujiyanto SAG MM, Kepala Dinkes Dr Sudarmi MM, dan Plh Dinsosdukkbpppa Drs Pram Prasetyo Achmad MM dan Plt Kepala Dinas kominfo Stefanus Aan Isa Nugraha SSTp MSi.

Menurut Yuli Hastuti, Presiden dalam arahannya mengatakan ancaman Covid-19 di Indonesia belum berakhir dan masih tinggi, sama juga dinegara lain. Dimana kondisi saat ini juga masih dinamis sehingga kita harus menjaga jangan sampai muncul gelombang kedua. Penanganan covid lebih efektif dengan mengedapankan strategi berbasis lokal seperti pendekatan ditingkat RT, RW dan desa.

Terkait hal itu, kata Yuli Hastuti Pemerintah Kabupaten Purworejo sudah menerapkan new habit atau aktifitas kebiasaan baru. Bukan berarti tidak menggunakan masker, tapi dalam beraktifitas keseharain, harus tetap memperhatikan standar kesehatan. Salah satunya menggunakan masker, maka saya minta sosialisasi dan penertiban memakai masker, jangan terhenti. Karena masih banyak ditemui ditempat umum maupun dijalan, yang tidak menggunakan masker.

Apalagi kata Yuli Hastuti, penggunaan masker menjadi bagian yang sangat penting dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus covid. Begitu pentingnya penggunaan masker, sehingga Pemerintah Kabupaten Purworejo telah menerbitkan Peraturan Bupati Nomor 37 Tahun 2020 yang antara lain mewajibkan warga masyarakat mengenakan masker saat keluar rumah. Selain itu juga harus rutin cuci tangan, selalu jaga jarak, tidak berkerumun.

“Sedangkan arahan Presiden berkait penanganan kesehatan dan upaya pertumbuhan ekonomi agar bisa diatur beriringan, dan harus segera memperhatikan perputaran ekonomi dari sumber APBD kabupaten, provinsi maupun APBN. Tentunya kami Pemkab Purworejo, akan segera tindaklanjuti dengan Pak Sekda dan dinas terkait sesuai peraturan yang berlaku,” ujar Yuli Hastuti saat ditemui usai mengikuti vidcon.

Sementara itu Kapolres Rizal Marito sejalan dengan Pemkab Purworejo untuk menerapkan disiplin minimal melalui sosialisasi dan bisa dilakukan penertiban kepada masyarakat. Utamanya penggunaan masker disamping ketentuan yang lain, masker harus menjadi wajib untuk digunakan.

“Kami dari Polres siap kerjasama dengan Pemkab melalui dinas terkait untuk penertiban tersebut, karena masih terlihat banyak yang abai tidak memakai masker. Yang paling terlihat di alun-alun dan para pengguna jalan raya,” jelasnya. (Kun).