Tue. Aug 4th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

PDAU Ditunjuk Sebagai Calon Pengelola SRG

Drs. Bambang Susilo Ka.Dinas KUKMP Kabupaten Purworejo(foto :Kun)

Rakyatmerdekanews.com – Purworejo — Kepala Dinas KUKMP Drs Bambang Susilo mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Purworerjo saat ini sudah memiliki Calon Pengelola Sistem Resi Gudang (SRG). Calon pengelola SRG yang ditunjuk melalui Surat Keputusan Bupati yaitu Perusahaan Daerah Aneka Usaha.

“Langkah selanjutnya yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Purworejo adalah mengusulkan Calon Pengelola pada Bapepti,” kata Bambang, Jum’at (03/07/2020).

Setelah surat usulan diterima, maka akan segera diberikan pelatihan kepada Calon Pengelola. “Untuk itu Perusahaan Daerah Aneka Usaha diminta agar menyiapkan SDM untuk mengikuti pelatihan Pengelolaan Sistem Resi Gudang,” jelasnya.

Dijelaskan bahwa sistem resi gudang merupakan program pemerintah yang disiapkan guna mendukung terwujudnya kelancaran produksi dan distribusi barang sesuai UU Nomor 9 Tahun 2006 tentang Sistem Resi Gudang.

Sesuai persetujuan Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi) bahwa SRG di Kabupaten Purworejo diijinkan beroperasi dengan jenis barang yang bisa disimpan adalah padi dan gabah. Dengam telah ditunjuknya calon pengelola perlu segera disiapkan tentang tata kelola, SDM, regulasinya dan hal-hal yang mendukung berkembangnya SRG.

“SRG kedepan diharapkan akan sangat membantu petani-petani Purworejo dalam meningkatkan harga jual gabah atau padi guna meningkatkan kesejahteraan petani,” harapnya.(Kun)