Mon. Apr 12th, 2021

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Tanjung Priok Menuju Pelabuhan Hubungan Internasional

Rakyatmerdekanews.com,Jakarta – Traffic Separation Scheme (TSS),telah dibuka untuk dilalui lintas pelayaran kapal,pada 1 Juli 2020,dengan skema diperuntukan mendukung pelayaran ke Pelabuhan Tanjung Priok,agar Pelabuhan ini dapat diimplementasikan menuju Hub Internasional. Kenapa kearah pemikiran Pelabuhan Tanjung Priok atau sang pengelola Pelindo II/IPC,itu karena posisinya strategis dan memiliki standar keselamatan lalu lintas pelayaran yang setara dengan pelabuhan internasional dunia. IPC juga telah terapkan Vessel Traffic System dengan coverage dengan jangkauan seluruh wilayah perairan Pelabuhan Tanjung Priok. Dan dapat memberikan panduan alur kepada kapal secara akurat.”Yang artinya,keselamatan dan keamanan kapal-kapal di Priok menjadi lebih terjamin saat melakukan olah gerak disana, selaras dengan tujuan dari penerapan TSS oleh Kemenhub,”itu kata Direktur Utama IPC yang disampaikan Shanty P sebagai Sekretaris Perusahaan. Lalu TSS dalam penerapannya khusus untuk

Penerapan TSS, khususnya untuk Selat Sunda dan Selat Lombok adalah potensi untuk menjadi jalur alternatif. TSS juga kata Arief Suhartono,akan meningkatkan lalulintas kapal di Selat Sunda dan Lombok.”Siap tingkatkan potensi trafik dikawasan Selat Sunda. Tujuan utama TSS tidak lain demi keselamatan pelayaran dan keamanan pelayaran Selat Sunda,”ungkapnya. Dan sebagai Alur Laut Kepulauan Indonesia I dan Selat Lombok sebagai Alur Laut Kepulauan Indonesia II. Sebagai dasar Alur Laut Kepalauan Indonesia,ada potensi menjadi jalur alternatif kapal barang dari Tanjung Priok ke Asia dan Eropa, dengan menyusuri pesisir barat Sumatera. Apalagi trafik di Selat Malaka semakin padat.

Hingga bisa dipastikan Pelabuhan Tanjung Priok dapat menjadi Pelabuhan Hub Internasional. Sejak 3 tahun terakhir terlihat terminal-terminal petikemas di Tanjung Priok telah rutin melayani kapal kapal besar dengan kapasitas diatas 10.000 TEUs.

Lanjut Sekper,Direct Call (rute pelayaran langsung) dari Priok ke berbagai tujuan, antara lain Amerika, Eropa, Australia, serta China dan beberapa negara Asia Timur.”Terus berjalan secara simultan,”ujarnya,pada Sabtu (4/7/2020). (Delly M)