Tue. Aug 4th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Warga Jorong Gumarang Goro Buka Jalan Lingkar Usaha Tani Sepanjang 2 KM

 

Rakyat Merdeka News.Com Agam Sumbar — Warga masyarakat Jorong Gumarang Nagari Tigo Koto Silungkang Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam kembali melakukan gotong royong membuka jalan lingkar untuk usaha tani sepanjang 2 KM. Kegiatan yang kedua kali difokuskan pada titik jembatan sebagai jalan penghubung dan mempersingkat jarak, Minggu (5/7) di Gumarang.

Jalan usaha tani sepanjang 2 Km itu telah dikerjakan sebelumnya minggu (29/6) yang sudah terbuka dikerjakan warga Jorong Gumarang. Demikian dilaporkan oleh koordinator lapangan gotong royong Hendriko bersama sekretaris kelompok tani Andriati Meili, saat dihubungi Via telepon seluluernya minggu siang.

Dibukanya jalan baru ini adalah meringankan para petani kita yang membawa hasil ladang panen. Dimana hasil panen mereka bawa digotong dengan menjujung dengan kepala, untuk dipindahkan ke gerobak, setelah itu baru dibawa dengan mobil. Hal ini menyebabkan menurunnya harga pasaran, termasuk padi dan sawit

Kita sangat kasihan dengan warga masyarakat Jorong Gumarang yang membawa hasil taninya cukup jauh sampai 3,5 Km baru tiba didekat mobil barang, dipinggir jalan. Makanya kita berupaya membuka jalan lingkar ini sepanjang 2 Km dengan lebar 2,5 Meter, yang diperkirakan kendaraan bisa masuk sampai kelokasi saat panen hasil tani.

Pada saat ini sudah hampir 200 Meter dan pembukaan jalan minggu kedua selain menambah panjang dan lebar jalan, juga difokuskan pada tiik jembatan, agar untuk sementara jalan membawa hasil tani dapat dipersingkat, kata Andriati Meili.

Selanjutnya, terkait dengan permintaan bantuan dengan alat berat akan kita usulkan nantinya, apalagi kalau terkendala harus pakai alat berat. Yang jelas kita berusaha membuka jalan lingkar untuk usaha tani yang dibuka secara perdana, tambah Andriati Meili. (KN)