Tue. Aug 4th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Penyelenggara Pemilu Terkena Positif Covid-19 Harus Diganti

Rakyatmerdekanews.com, Bandung – Terkait dengan akan dilaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) Serentak 2020, pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung melakukan program rapid tes tehadap anggota Pantia Pemilih Kecamatan (PPK) dan PPS yang akan bertugas dalam Pilkada 2020 nanti.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, Grace Mediana mengatakan, program rapid tes ini dilakukan sesuai dengan arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang mengharuskan semua petugas penyelenggara pemilu diperiksa rapid, ujar Grace.

“Yang akan dilakukan rapid tes ada sekitar 8.797 Anggota PPK dan PPS dari 31 Kecamatan,” terangnya, Kamis (9/7).

Sambung Grace, jika ada salah satu dari PPK dan PPS yang reaktif terhadap rapid tes, Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung akan langsung melakukan tes swab.

“Setiap hari ada 10 kecamatan. Memang pelaksanaannya dilakukan di Puskesmas masing-masing kecamatan,” ujarnya.

Lebih lanjut Grace menambahkan, rapid tes terhadap penyelenggara pemilu tersebut akan dilakukan selama tiga hari, yaitu hari Kamis (9/7/2020), Jumat (10/7/2020) dan Senin (12/7/2020) yang akan datang.

Kadis Grace menegaskan, “kalau nanti hasil swabnya ternyata ada yang positif Corona (Covid-19), sesuai dengan arahan Mendagri, maka yang bersangkutan harus diganti,” tutupnya. (and21)