Mon. Aug 3rd, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Sekilas Tentang Sosok Seorang H. Azies Rismaya Mahpud

Foto: Agustiana, Forum Masyarakat Sipil Kabupaten Tasikmalaya.

H.Azies Rismaya Mahpud merupakan putra ke 3 dari pasangan almarhum H. Engkud Mahpud & Hj. Siti Muniroh, seorang pengusaha pribumi tersukses di bidang angkutan di Indonesia asli orang kabupaten Tasikmalaya (dulu belum ada pemisahan kab dan kota, red), Yakni Mayasari Group.

H. Azies Rismaya lahir pada tanggal 10 bulan April Tahun 1960 atau bertepatan dengan Bulan Syawal – Dzulqaidah 1379 H.

Karena besar nya rasa cinta kepada daerah asalnya dan seluruh masyarakat kabupaten Tasikmalaya sekalipun perusahaannya tumbuh besar dan sangat terkenal di ibukota Jakarta,
akan tetapi H. Engkud Mahpud bersama mendiang istrinya, dialah satu satunya pengusaha sukses di tingkat nasional yang tak pernah mau melupakan indentitas dan jati dirinya sebagai orang Tasikmalaya serta melepaskan tanggung jawab dan ikatan kekeluargaannya dengan seluruh masyarakat Kabupaten Tasikmalaya. Disamping juga tak ingin kesuksesannya ini hanya dinikmati oleh keluarganya sendiri.

Untuk itu, dalam mewujudkan hal tersebut, dirinya melakukan beberapa hal diantaranya sebagai berikut :
1. Melahirkan dan membesarkan semua putra putri ia tetap di daerah kabupaten Tasikmalaya dengan tujuan Semua Putra putrinya akan senantiasa serasakan rasa cintanya terhadap daerah serta masyarakat Kabupaten Tasikmalaya.
2. Menjadikan seluruh karyawan dan pimpinan perusahannya asli orang Tasikmalaya, meski domisili dan keberadaan perusahaannya di Jakarta dan di berbagai daerah lainnya.

Hal ini ia lakukan dengan niat dan tujuan menciptakan lapangan kerja untuk membantu perekonomian orang Tasikmalaya. Dan ini tak sedikit tapi ribuan orang Tasik yang pernah bekerja di Mayasari .
3. Dengan Tanpa Mempertimbangkan Untung dan Rugi Keluarga H. Engkud MAHPUD beserta Mendiang Istrinya membuka Perusahaan Angkutan Umum dari Tasikmalaya Ke berbagai daerah dengan dirikannya Beberapa perusahan Bus Angkutan Hal ini beliau Lakukan Karena beberapa Pertimbangan diantaranya: Membantu orang Tasikmalaya yang berusaha/bekerja diluar daerah , karena Orang Tasik terkenal sebagai Pengusaha yg mengembangkan Usahanya di berbagai daerah dipelosok negeri , diantaranya sebagai Pengusaha tukang Kredit , Pengusaha Konveksi , pengusaha Kerajinan tangan , Pengusaha Tikar Mendong Pengusaha Kain Batik, Pengusaha Kelom Geulis Bordir dan lain lain yang sangat terkenal seantero Nusantara. Disisi Lain Usaha Transpotasi Ini Juga membantu dan memperkuat daya dukung masyarakat Kabupaten Tasikmalaya khusus nya yang merupakan Pusat Pendidikan Pesantren di wilayah Jawa barat , Sehingga Perlu kiranya ada angkutan yang memadai untuk Keperluan Santri yang Mondok atau kepentingan Para orang Tua Santri yang Menjenguk
4. Membantu Membangun 2 Tempat Peribadahan diantaranya Membangun Mesjid agung di kota dan kabupaten Tasikmalaya , Walaupun Memang Anggarannya dari Masyarakat Akan Tetapi Pembiayaan dari Masyarakat tak bisa terkumpul dalam waktu mendadak
5. Membangun Pusat Perekonomian Masyarakat , Seperti pasar Cikurubuk yg menjadi Pasar Induknya Masyarakat kota dan Kabupaten Tasikmalaya sampai sekarang
6 . Membangun Sekolah Muslim Unggulan pertama di Tasikmalaya dimulai dari Tk , SD sampai dengan smk yaitu Al – mutaqin

KENAPA H. Azies Rismaya Mahpud MAU MEMIMPIN PEMERINTAHAN KABUPATEN TASIMALAYA ???
Sebenarnya menjadi pemimpin pemerintahan di Kabupaten Tasikmalaya bukanlah sebuah keinginan. Apalagi menjadi tujuan Untuk Berkuasa , Akan tetapi dasar Pertimbangan Yg paling Utamanya adalah.
1. karena Pertimbangan Rasa Cinta dan Tanggung jawabnya terhadap masyarakat Kabupaten Tasikmalaya sebagai mana yg sudah di tanamkan dan diharapkan oleh kedua Orang Tuanya , sekaligus Mewujudkan dan melanjutkan apa yg di cita-citakan Oleh seluruh masyarakat Kabupaten Tasikmalaya sebagai mana yang Telah juga dirintis oleh Perjuangan Orang tua nya serta keluarganya.
2. Derasnya permintaan dari berbagai tokoh pemuka agama , kelompok masyarakat sipil dan tokoh para pemuda mahasiswa Yg Sulit untuk Ditolak Yang meminta H.Azies Rismaya Mahpud untuk Menjadi Pemimpin pemerintahan Walaupun harus mengorbankan perusahaan yang sedang di jalaninya , padahal sudah memiliki perusahaan yang besar dan stabil.
3. Bertanggung jawab untuk Mewujudkan dan mempertahankan cinta kedua orang Tua nya kepada masyarakat Kabupaten Tasikmalaya serta didasarkan kepada tanggung jawab secara iman sebagai Seorang yang menganut agama islam sebagai mana yang pada setiap akhir sholat mengucapkan “Assalamualaikum” yang Dimaknainya sebagai janji pada Tuhan untuk memuliakan,membahagiakan dan Mensejahterakan masyarakat sesuai dengan Kemampuan yg bisa dia lakukan

PROGRAM dan TUJUANNYA APA YG AKAN DIKERJAKAN H.Azies Rismaya Mahpud
APABILA DIPERRCAYA DAN DISEPAKATI MENJAFI BUPATI..KAB TASIKMALAYA.
Pertama
1. Bersama sama seluruh Pimpinan Masyarakat Pimpinan Pendidikan, Pimpinan Pesantren Tokoh Bidaya, piminan semua partai dan pimpinan SKPD, Serta Pimpinan Dari Unsur Muspida.
Melakulan Evaluasi Menyeluruh Tentang Kondisi Umum Masyarakat kabupaten Tasikmalaya Untuk Menggali Pikliran Perasan dan Masalah utama dan keinginan Mlmasyarakat yang terkait dengan keberadaan pemerintah selama ini.
Terutama yang menyangkut beberapa hal penting diantaramya sebagai berikut:
1. Apa manfaat keberadaan pemerintah yang telah dirasakan oleh masyarakat selama ini, selain yang terkait dengan masalah atau urusan administrasi dan kegiatan rutin apa merasa sebagai manusia dan warga negara yang dilayani atau sebaliknya sebagai warga negara yang di perintah atau memang tidak terasa.
Tujuannya adalah untuk mengetahui secara objektif apakah keadaan pemerintah ini hanya melakukan pekerja untuk dirinya atau hanya untuk mengabdi pada kepentingan pimpinannya semata. Atau memang keberadaan pemerintah ini benar- benar telah dirasakan oleh masyarakat.  Sehingga kedepannya apabila ternyata masyarakat merasakan manfaat keberadaan pemerintah maka H. AZIES sebagai Bupati hanya akan melanjutkan tradisi dan etos kerja yang sudah berjalan. Akan tetapi apabila memang rakyat tidak merasakan apa manfaat keberadaan pemerintah. Maka selaku Bupati H. Azies akan nengarahkan semua aparatur pemerintah untuk melayani masyarakat, tidak hanya sibuk mengurus urusan dirinya atau sibuk melayani perintah atasannya dalam memenuhi kepentingannya.
2. Apa manfaat yabg langsung bisa dirasakan oleh masyarakat atas semua program yabg telah dilakukanpPemerintah daerah selama ini yang mana setiap tahunnya menghabiskan biaya lebih dari dua triliyun rupiah, Kalau ada yang dirasakan manfaatnya program apa saja, serta dipertanyakan program apa yang diinginkan masyarakat sehingga benar program pemerintah ini sebagai mana keinginan masyarakat.
Adapun tujuan mengevaluasi kemanfaatan program yang telah dikerjakan pemerintah daerah selama ini agar dalam menentukan program kerja H. Azies kedepan benar- benar membuat program yang sesuai dengan Apa yang diinginkan rakyat, bukan membuat program yang sifatnya hanya untuk mengejar pemenuhan prestasi pimpinan pemerintah daerah agar disebut berhasil oleh pemerintah pusat atau pemerintah di atasnya dengan mengabaikan kepentingan rakyat, sehingga jangan sampai pemerintahan H. Azies kedepan membuat program Kerja benar-benar sesuai dengan apa yang di inginkan rakyat, karena selama ini terkesan program pemerintah itu hanya didasarkan misinya atau baik buruknya tergantung kacamata pemerintah saja sedangkan anggaran dari negara.

3. Keberhasilan apa yang telah di capai pemerintah yang bisa menjadi Kebanggaan untuk seluruh masyarakat kabupaten Tasikmalaya secara keseluruhan.
Adapun tujuannya dari mengEvaluasi keberhasilan yang membanggakan bagi seluruh masyarakat Tasikmalaya, Hal ini sangatlah penting agar masyarakat bangga dan cinta pada daerahnya jarena dengan rasa bangga dan cinta daerahnya. Maka semua elemen masyarakat akan bergairah atau semangat untuk berpartisipasi dalam pembangunan.
4. Mengevaluasi kondisi tingkat kesejaheteraan sosial dan ekonomi keluarga secara objektif, untuk melihat data secara akurat agar mendapat kejelasan yang pasti berapa banyak keluarga yang tingkat kesejahteran sosial dan ekonominya yang berpenghasilan di atas kecukupan, berapa banyak keluarga yang tingkat kesejahteraan sosial dan ekonominya vukup dan berapa banyak keluarga yang tingkat kesejahteraan Sosial dan ekonominya di bawah kecukupan serta kelayakan. Tujuannya adalah agar program pemerintahan H. Azies Rismaya Mahpud benar – benar fokus dan tersistematis dalam penanganan peningkatan kesejahteranan masyarakat kalangan orang yang kehidupan sosialnya di bawah kecukupan serta menjadikan program tersebut Sebagai program tersendiri dan prioritas dengan targetan capaian yang jelas dan secara bertahap selama 5 tahun pemerintahan H. Azies masyarakat yang hidupya di bawah kelayakan Sudah menjadi Sejahtera semua dan tak ada lagi yang miskin. Karena prinsip capaian tujuan pembangunan ekonomi pemerintah berdasarkan cara pandang H.Azies adalah sejahterakan yang miskin, tingkatkan dan pajukan ekonomi masyarakat yang sudah sejahtera.
Dan hal tersebut merupakan indikator gagal serta berhasilnya pembangunan yang dilakukan oleh pimpinan pemerintah sehingga dengan demikian pimpinan pemerintah bisa dikatakan Gagal Dalam melaksanakan Pembangunan ekonominya apabila selama iya memimpin tak mampu mensejahterakan orang miskin atau terlebih apabila terjadi penambahan keluarga orang miskin dikalanga warganya.
5. Menciptakan sumber daya manusia dan masyarakat unggulan yang seimbang antara pengetahuan keterampilan serta sikap karakter yang Inovatif kreatif Produktif serta memiliki Ahlakul karimah yang kokoh dan saling Menghormati satu sama lainnya sehingga akan tetciptanya tatanan kehidupan yang sejahtera lahir beserta batinnya.
Melalui program pembangunan pesantren desa serta mengembalikan Kabupaten Tasikmalaya menjadi pusat pendidikan pesantren di Indonesia
6. Memperkuat dan menghidupkan kembali centra centra usaha produksi sebagai pusat pusat kegiatan ekonomi unggulan Masyarakat yang memiliki daya saing dan di butuhkan pasar Nasional sampai global serta pemerintah membanu dan memfasilitasi pendidikan manajemen dan kepemimpinan usaha khususnya yang sudah menjadi industri khas masyarakat kabupaten Tasikmalaya Seperti Kerajinan tangan batik Tasik Konveksi, bordir dan perangkat ibadah. Sehingga kegiatan ini merupakan lapangan usaha bukan lapangan kerja bagi usaha tumahan. ( HOME INDUSTRI ) usaha tambahan
7. Mendorong dan memfasilitasi 0ola usaha agraris (pertanian peternakan perikanan dan produksi nelayan serta pesisir 0antai, dari jenis usaha yang tak memiliki nilai ekonomi tinggi menjadi pola usaha yang memiliki nilai ekonomi tinggi Serta memiiki daya saing unggulan yang di butuhkan pasar.

8. Membangun dan menguatkan kembali gerakan masyarakat di bidang gotong royong pembangunan yang berbasis keswadayaan, pengumpulan dana kesejahteraan bersama seperti, Perelek, Leuiuit, pengumpulan dana kesehatan dan bantuan kematian masyarakat. Sehingga mengurangi sikap ketergantungan masyarakat pada pemberian bantuan dari pihak luar ataupun dari pemerintah yang berdampak terjadinya berbagai kasus penipuan dan budaya korupsi baik di masyarakat maupun di pemerintahan.

9. Mendorong dan memperkuat sikap produktif dan kebiasaan masyarakat menabung serta bayar zakat melalui Pembangunan dan pembentukkan koperasi syariah, Tabungan- Tabungan dan Permodalan Usaha Masyarakat di tiap DKM, tingkat desa di bawah bimbingan serta pengawasan MUI DESA
10. Menggalakan Pembangunan desa siaga bencana untuk mengantisipasi dengan cepat jejadian bencana alam wabah penyakit dan lain sebagainya. Serta desa sehat yakni, setiap desa ada tempat-tempat kebugaran atau tempat olahraga dan rekreasi khususnya untuk balita anak-anak dan pansia.
11. Membangun RUMAH SAKIT PUSAT PENANGANAN WABAH PANDEMI serta rumah sakit berkebutuhan khusus.
12. Memperkuat dan atau membangun panti asuhan bagi anak yatim piatu untuk anak-anak warga masyarakat Tasik yang terlantar, panti jompo bagi orang tua Jompo warga tasik yg tak memiliki anak yang bisa mengurusnya serta sekolah yang berkebutuhan khusus dari kalangan Masyarakat yang tak mampu sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah dalam mengurus melindungi dan menghidupi warganya.
13. Menggeliatkan aktifitas Karang Taruna ditiap desa / DKM melalui pendidikan.

Oleh: Agustiana
Forum Masyarakat Sipil Kabupaten Tasikmalaya