Fri. Aug 7th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Penyaluran BLT-DD Tahap III Diproyeksi Rampung Pekan Ini

 

Rakyat Merdeka News.Com Agam Sumbar — Pendistribusian Bantuan Langsung Tunai – Dana Desa (BLT-DD) tahap tiga Covid-19 di Kabupaten Agam diproyeksi rampung pekan ini.

Hingga saat ini, serapan anggaran penyaluran sudah di angka 73 persen.

“Untuk tahap tiga serapan masih 73 persen, sebab dari eh7ej82 nagari ada yang belum melaporkan,” ujar Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Kabupaten Agam, Wahyu Bestari, Rabu (15/7).

Dikatakan Wahyu, dalam pekan ini pihaknya mengintruksikan penyaluran BLT-DD tahap III rampung.

“Minggu ini diinstruksikan rampung. Bagi yang belum harus disegerakan. Senin depan diharapkan sudah ada laporan dari 82 nagari,” katanya.

Disebutkan, berdasarkan rekapitulasi penyaluran BLT-DD tahap I, tercatat sebanyak 11.442 KK penerima dengan serapan anggaran Rp6,86 miliar. Tahap II tercatat 11.337 KK dengan serapan anggaran Rp6,80 miliar.

“Setelah dilakukan pemuktahiran data, seperti pengurangan KK ganda dan yang meninggal, maka total penerima menjadi 11.337 KK,” sebutnya.

Jika tahap III sudah rampung, sambung Wahyu, maka pihaknya akan mempersiapkan penyaluran BLT-DD tahap IV, V, dan VI. Disebutkan untuk tahap selanjutnya besaran yang diterima masyarakat sebesar Rp 300 ribu.

“Tahap IV, V, dan VI data penerima tidak berubah, hanya saja besaran jadi Rp300 ribu. Ketersediaan dana 10,2 miliar terbagi di 82 nagari,” ulasnya.

Dikatakan, jadwal penyaluran BLT-DD untuk tahap selanjutnya belum bisa dipastikan. Hal itu tergantung pada kapan pencairan dana dari Kementerian Keuangan.

“Jika tahap tiga sudah selesai, tinggal menunggu pencairan dana untuk BLT-DD selanjutnya,” tutupnya. (KN)