Sat. Aug 8th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Sambut HBA Ke-60, Kejari Ciamis Musnahkan Barang Bukti Tindak Kejahatan

Kejari Ciamis

Ciamis – RMNews.com: Bertepatan dengan Hari Bakti Adhyaksa (HBA) ke-60 Kejaksaan Negeri (Kejari) Ciamis disaksikan Polres Ciamis, BNN Ciamis, Dandim 0613 Ciamis, Lapas Kelas II B Ciamis dan Forkominda Ciamis memusnahkan sejumlah barang bukti dari berbagai tindak kejahatan yang terkumpul sejak awal tahun 2020.

“Pemusnahan barang bukti hari ini juga dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-60 tahun, kami musnahkan barang bukti dari kasus yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap,” ujar Kepala Kejari Ciamis, Sri Respatini di halaman parkir Kantor Kejari Ciamis, Jalan Siliwangi, Rabu (22/7).

Pemusnahan barang bukti yang sudah memiliki ketetapan hukum tetap tersebut dilakukan dengan cara diblender untuk ratusan butir narkoba dan psikotropika. Sedangkan untuk ratusan lembar uang palsu pecahan 100 ribu dimusnahkan dengan cara dibakar, termasuk barang bukti ganja kering, sedangkan barang bukti berupa golok dimusnahkan dengan cara dipotong menggunakan gerinda besar.

“barang bukti dari 45 perkara yang dimusnahkan hari ini terkumpul dalam kurun waktu dari bulan Januari sampai dengan bulan Juli 2020 diantaranya dari 20 perkara pencurian, 11 perkara kesehatan, 8 kasus narkoba, 3 kasus pertambangan, 2 kasus perjudian, dan barang bukti dari 1 kasus kehutanan” paparnya

Sri menegaskan, pihaknya berkomitmen dalam memberantas peredaran Narkoba di Kabupaten Ciamis sesuai dengan tugas dan fungsi lembaganya.

“Kami mengundang pihak BNN untuk memastikan narkotika yang kami musnahkan merupakan barang bukti dari perkara yang sudah punya kekuatan hukum tetap,” katanya.

Sri menegaskan, sebelum ada pandemi Covid-19, Kejaksaan Ciamis bidang intelejen telah menyasar sekolah-sekolah untuk melakukan sosialisasi terkait bahaya Narkoba.

“Sebelum adanya Pandemi Covid-19 kami dari bidang intelejen selalu menyasar ke sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Ciamis dalam sosialisasi penyuluhan hukum dan  bahaya Narkotika. Maka itu merupakan salah satu komitmen kami dan kita juga tidak menghendaki di Ciamis ini terlalu banyak kasus narkoba, kasihan generasi muda” pungkasnya. (Ips)