Sun. Sep 27th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Rino TH, Bertaruh Hidupnya Untuk Band Terakhirnya TREMOR

 

RakyatMerdekaNews, Jakarta — Sejak umur 12 tahun ia sudah terjun ke dunia musik. Awalnya ia bermain drum, tapi lama kelamaan merasa tidak bisa menemukan sesuatu dalam bermusik.

Pada akhirnya ia beralih ke gitar, belajar dan terus belajar. Dan berusaha mencari ilmu yang tepat pada tempatnya. Ia pun melangkahkan karir musiknya dengan menggali ilmu musik di Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Selepas dari situ barulah ia menemukan ilmu musik yang sesungguhnya.

“Ternyata main musik itu ada rumusnya kaya matematika. Untuk merangkum nada, menciptakan atau memainkan sebuah karya musik ada rumusan yang harus kita pelajari dengan benar. Karena kalo kita ga tau rumusnya bakal terjadi kesalahan mendasar dalam bermain musik,” ungkap Rino mengawali bincang bincang dengan RakyatMerdekaNews di kawasan Tangerang (3/8/2020).

Rumusannya, menurut Rino, “Nada itu sebenarnya ada 11 bukan 7, yang disebut ‘eleven keys. Kalo kita memainkan 5 nada berarti memainkan musik pentatonik. Tapi ilmu musik yang sebenarnya ada 11 nada.”

Dari ilmu musik yang ia dapat di IKJ itulah akhirnya Rino mengajar gitar secara privat ke berbagai tempat.
“Memberi ilmu kepada orang lain kalo ada manfaatnya kan bisa buat tabungan di akhirat. Dan yang terpenting Gue bisa menghidupi keluarga gue. Karena itu kewajiban,” jelas Rino lagi

Gitaris berusia 43 tahun, yang bernama asli Rino Tri Hartono ini, saat ini mempunyai sebuah group band yang beraliran thrash metal. TREMOR, nama group bandnya yang belakangan ini terdengar ramai dibicarakan di sosmed.

“Gue yakin band gw ini bisa jadi besar karena ditangani oleh orang yang benar-benar bisa membuat strategi dan membuat manuver-manuver yang tepat sasaran. Dan yang terpenting buat gue adalah gue harus membuat penyegaran dan akan membuat sesuatu yang beda di musik thrash metal ini,” tegas Rino yang tidak ingin main main dengan group bandnya ini.

Ditambahkannya, “gue denger ada band yang namanya Tremor juga. Dari aceh kalo ga salah. Gue ingatkan, Tremor yang gue bikin ini legalitasnya jelas dan tercatat di HAKI. Udah ngeluarin 2 album dan berdiri sejak tahun 2007. Saran gue, band yang dari ujung pulau Sumatera itu lebih baik ganti namalah, Daripada ribet ntar urusannya !!”

Sang manager Tremor pun, Eric Sirait ikut berkomentar, “Awal kenalnya gue sama Rino, gue salah satu murid gitarnya dia. Cara mengajarnya beda. Ilmu musik dan daya pikirnya tajam. Akhirnya gue pilih jadi manager bandnya aja lah. Gue yakin TREMOR bisa menjadi besar !”

Kini Rino benar benar bertaruh hidupnya untuk TREMOR.
Kita doakan saja semoga sukses dan bisa band besar di indonesia, bahkan bisa sampai ke dunia internasional.
Sukses ya Rin !!! (Amin Bearland)