Wed. Sep 30th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Kasus Positif Covid-19 Agam Melonjak Tajam

 

Rakyat Merdeka News.Com Agam Sumbar — Setelah dilakukan tes swab, 7 dari 27 warga Guguak Tinggi, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19, karena memiliki kontak langsung dengan pasien positif Covid-19 inisial UK (77), Selasa (4/8) lalu.

“Kami baru saja menerima hasil uji swab terhadap 27 warga Guguak Tinggi, 7 di antaranya dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTP2) Covid-19 Kabupaten Agam, Khasman Zaini, Kamis (6/8) dini hari.

Diutarakan Khasman, 7 warga Guguak Tinggi yang terkonfirmasi Covid-19 tersebut berdasarkan hasil pelacakkan dari 27 warga yang memiliki kotak langsung dengan pasien positif Covid-19.

Adapun ketujuh warga yang terkonfirmasi Covid-19 tersebut masing-masing berinisial RD, E, TR, B, Z, AH, dan AG. Dua di antaranya sudah dirujuk ke RSAM Bukittinggi untuk mendapatkan perawatan.

“Malam ini 2 orang, RD dan E sudah dirujuk ke RSAM Bukittinggi untuk dirawat, sementara 5 lagi akan dirujuk pagi ini ke Diklat Padang Besi,” tuturnya.

Menyusul adanya ledakan warga terkonfirmasi Covid-19 tersebut, tukas Khasman, direncanakan akan dilakukan uji swab terhadap seluruh warga Guguak Tinggi.

” Kamis ini, direncanakan seluruh warga Guguak Tinggi akan dilakukan uji swab, mengingat tingginya jumlah warga terkonfirmasi positif Covid-19 di daerah tersebut,” ujarnya lagi.

Diberitakan sebelumnya, UK (77) warga ber-KTP Bengkulu dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19, Selasa (4/8) lalu. UK datang ke Guguak Tinggi guna menjenguk salah seorang keluarga meninggal dunia.

Setelah dilakukan pelacakan, empat orang anggota keluarga UK yang juga berasal dari Bengkulu juga dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Hingga hari ini, total pasien positif Covid-19 di Kabupaten Agam mencapai 38 orang. 19 orang di antaranya sudah dinyatakan sembuh, 19 orang masih menjalani perawatan.

“Mengingat terus bertambahnya warga terkonfirmasi Covid-19, kami menghimbau seluruh warga Agam untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, sebab Covid-19 masih terus mengintai,” tegasnya. (KN)