Mon. Sep 21st, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Babinsa Anjurkan Warga Tak Bakar Jerami Usai Panen Padi

MARTAPURA – Babinsa Koramil 1006-08/ Gambut Sersan satu Ahmad membantu petani panen hasil kebun di desa Banyu Hirang Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar, Selasa ( 11/8/2020 )

Ahmad menyampaikan kegiatan ini bentuk dukungan dalam mensejahterakan masyarakat, sekaligus membantu pemerintah mensukseskan program swasembada pangan nasional.

Sambil Bantu Panen, Babinsa juga melakukan sosialisasi terkait bahaya Karhutla mengimbau Petani Tak Bakar Lahan Sembarangan

“Kehadiran saya dalam memberikan pendampingan adalah upaya untuk mensejahterakan masyarakat,  sekaligus memberikan motivasi dan semangat kepada para petani. Juga kita himbau jangan ada upaya pembakaran Lahan dan Hutan sembarangan,” tutur Ahmad.

Ditempat terpisah Dandim 1006/ Mtp Letkol Arm Siswo Budiarto S.I.P, M.M, M.I, Pol mengatakan
pentingnya Komunikasi tersebut dilakukan, untuk mengingat kembali berpengalaman waktu lalu.

” Api bisa kita padamkan, tapi kalau sudah menyangkut asap ini susah. Karena jerami tumpuk sisa padi jika terbakar menyatu dengan gambut akan menimbulkan asap tebal. Ini sudah masuk musim kemarau, dihimbau untuk warga jika tidak perlu jangan dibakar sisa jerami dan upayakan jangan membakar atau membuka lahan dengan segaja , ada sangsi dan hukumnya,” tegasnya.

Meurutnya dengan adanya Babinsa, petani lebih leluasa untuk saling tukar informasi tentang pertanian dan Karhutla karena daerah ini memang kebanyakan petani, setiap tahun pasti ada yang terbakar. (Ikh)