Sun. Sep 27th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Bank Purworejo Terus Berbenah Menuju Bank Syariah

Rakyatmerdekanews.com – Purworejo – Prestasi PD BPR Bank Purworejo terus mengalami peningkatan. Hingga akhir Desember 2019 aset yang dimiliki Bank Purworejo mencapai Rp 259,6 miliar Dibandingkan tahun sebelumnya dalam kurun waktu yang sama, nilai asetnya Rp 217,4 miliar . Ini artinya, ada kenaikan nilai aset 19 persen. Demikian dijelaskan Direktur PD BPR Bank Purworejo Wahyu Argono Irawanto pada acara Gathering bersama Pewarta dan Relasi yang berlangsung di Aula gedung Bank Purworejo Selasa malam (11/8/2020).

Dalam sambutannya Wahyu menjelaskan, Pada kurun waktu tahun sebelumnya penyaluran kredit hanya mencapai Rp189, 2 miliar, namun hingga akhir tahun 2 019 penyaluran kredit (OSC/Outstanding Credit) Bank Purworejo mencapai Rp 232,8 miliar , jadi ada peningkatan 23 persen, ujarnya.

“Hingga akhir tahun 2019 Bank Purworejo berhasil menghimpun dana dari pihak ketiga sejumlah Rp 139,6 miliar. Pada tahun sebelumnya, dana yang berhasil dihimpun Rp 115,3 miliar. Ini artinya mengalami peningkatan hingga 21 persen.

Dari tabungan terkumpul hampir Rp 69 miliar, dan deposito mencapai Rp 70 miliar. Ini merupakan kategori bank sehat, karena jika melihat tabel, dari tahun ke tahun bank Purworejo selalu mengalami peningkatan yang signifikan ” ujar Wahyu.

Hal yan cukup membanggakan adalah pencapaian Peningkatan prestasi hingga Bank Purworejo menerima sejumlah penghargaan/ Awards, diantaranya, Golden Award dari Info Bank di tahun 2015, 2018, dan 2019 penghargaan Info Bank Awards untuk predikat sangat bagus di tahun 2016, 2017, 2018, juga Top BUMD Awards tahun 2018 dalam kategori Top BPR atas atas pencapaian kinerja, serta masih banyak lagi lainnya, ungkapnya.

Peningkatan yang kami peroleh adalah salah satunya karena bank Purworejo kini telah memiliki jaringan layanan kantor kas dibeberapa wilayah, yakni kantor kas Kutoarjo, Bener, Krendetan Jenar, Pituruh dan Seren.

“Kini Bank Purworejo tengah menuju Bank Syariah. Menghadapi hal itu, seluruh karyawan saat ini tengah menjalani berbagai pelatihan tentang pengelolaan perbankan secara syariah,”kata Wahyu .

Wahyu menambahkan pencapaian kinerja kami terus mengalami peningkatan. “Ini sebagai bukti kalau Bank Purworejo terus bisa tumbuh dan berkembang, dan makin dipercaya masyarakat, stakeholder, maupun lembaga keuangan lainnya,”katanya.

Pada masa pandemi covid 19, Bank Purworejo juga telah memberikan kebijakan berupa program relaksasi kredit kepada para debitur yang terdampak, sesuai hambauan pemerintah.

“Setoran modal diberikan kepada kami pada tahun 2007, 2008, 2009, 2010, 2014, 2015 dan 2016.

Namun selama empat tahun terakhir ini Bank Purworejo belum mendapatkan setoran modal lagi. Jadi kami tidak mendapatkan bantuan dana dalam bentuk apapun dari pemerintah.
Untuk kegiatan operasional perusahaan, ujar Wahyu, baik dalam ekspansi kredit maupun kegiatan perbankan lainnya, Bank Purworejo menggunakan dana antar bank dan dana masyarakat, “pungkasnya.
(Kun).