Mon. Sep 21st, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Pramuka Agar Buat Gerakan Kedisiplinan, Membantu, Berbagi dan Peduli

Presiden saat agenda Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-59 Tahun 2020, Istana Negara, Provinsi DKI Jakarta, Rabu (12/8)

RakyatMerdekaNews, Jakarta — Presiden Jokowi meminta Praja Muda Karana (Pramuka) membuat Gerakan Kedisiplinan dan Kepedulian Nasional.

“Pertama, Gerakan Kedisiplinan Nasional yang mengajak semua anggota masyarakat untuk disiplin mengikuti protokol kesehatan. Kedua, Gerakan Kepedulian Nasional yang mengajak masyarakat untuk saling membantu, saling peduli dan saling berbagi,” tutur Jokowi saat menyampaikan Amanat pada Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-59 Tahun 2020, Istana Negara Jakarta, Rabu (12/08/2020).

Dua gerakan ini, menurut Presiden, bukan hanya untuk membantu penanganan masalah nasional akibat pandemi, tetapi akan semakin mengasah jiwa dan karakter kepemimpinan dalam memperdalam jiwa Pramuka sejati, sebagaimana tertuang dalam Dwi Dharma Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka.

Lebih lanjut, Jokowi akui telah mengetahui dari sejak pertama pandu Pramuka Indonesia selalu mencetak generasi yang tangguh.

“Tangguh menghadapi setiap tantangan, disiplin dalam bertindak, tidak gentar untuk menghadapi setiap rintangan, selalu peduli, siap berkorban untuk sesama,” ujarnya.

Di era pandemi Covid-19 yang berat sekarang ini,Jokowi tegaskan bahwa jiwa dan karakter seperti itulah yang dibutuhkan.

“Kita disiplin mengikuti protokol kesehatan, disiplin memakai masker, disiplin jaga jarak, dan mengajak semua lapisan masyarakat untuk bersama-sama disiplin melaksanakannya,” katanya.

Di era pandemi Covid-19 yang mengakibatkan krisis kesehatan dan krisis ekonomi ini, Jokowi tegaskan bahwa jiwa dan karakter seperti itulah yang dibutuhkan.

Baca juga : Mendagri Genjot Kepala Daerah Realisasi Belanja APBD Provinsi Rata-rata Baru 37,9%

Jokowi mengajak untuk selalu peduli terhadap masyarakat sekitar dan kepentingan bersama serta saling membantu dan bergotong-royong menyelesaikan masalah bersama.

“Jika gerakan kedisiplinan dan kepedulian ini terus kita jalankan, insyaallah kita bisa menghambat penyebaran Covid-19 dan mengurangi risiko-risiko ikutannya,” jelasnya. (Surya/Red)