Mon. Sep 21st, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Walikota Jakbar Tinjau dan Salurkan Langsung Bantuan Korban Kebakaran di Tambora

Rakyatmerdekanews.com – Jakarta – Wali Kota Jakarta Barat H Rustam Effendi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Kota (Forkopimko) meninjau lokasi kebakaran di RW 05 Kelurahan Duri Selatan Kecamatan Tambora, Rabu (12/8).

Tiba di lokasi sekitar pukul 11.10, Wali Kota langsung memasuki lokasi bekas puing puing kebakaran di lingkungan RT 01/05. Sempat menyapa warga korban kebakaran di antara puing puing rumah yang terbakar, Rustam menyampaikan keprihatinannya. “Turut prihatin Pak, Bu, atas musibah yang terjadi. Mudah-mudahan selalu diberikan kesehatan,” ucapnya.

“Kami siapkan berbagai bantuan perlengkapan mulai dari tenda pengungsian, alas tidur, tikar, selimut, handuk, perlengkapan mandi, kesiapan makanannya dan berbagai kebutuhan lainnya, termasuk posko kesehatan dan air bersih. Kita pastikan terpenuhi, dan jangan lupa pakai maskernya.”

Selanjutnya, Rustam menyerahkan berbagai bantuan dan uang Rp 20 juta secara simbolis kepada Ketua RW 05 Duri Selatan, Wahyu Wibisana. Berupa 50 lembar tikar, 100 lembar selimut, satu dus pembalut wanita, satu dus popok bayi, dua dus paket lauk pauk, dua dus makanan anak, 50 lembar handuk, 900 boks makanan siap saji, 100 pcs daster, 100 dus mi instan, 100 pcs kaos kerah, 100 selimut, delapan dus ikan kaleng, 20 dus makanan anak, 50 lembar matras dan 200 kilogram beras.

“Kami berikan bantuan untuk penanganan darurat, seperti tenda pengungsian, posko kesehatan, dapur umum dan berbagai bantuan lainnya. Kita juga pastikan korban kebakaran dilayani air bersihnya, serta kebutuhan-kebutuhan darurat lainnya, agar terpenuhi. Ada sedikit bantuan, Rp 20 juta untuk sekadar penanganan darurat,” jelas Rustam.

“Kami bersama Forkopimko Jakarta Barat, Pak Dandim, Pak Kapolres, meninjau ke sini bersama PMI, Sudis Sosial dan unsur lainnya, ingin menyampaikan rasa prihatin sekaligus memastikan warga korban kebakaran dalam kondisi sehat. Walaupun terjadi musibah ini, Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Di suasana keprihatinan COVID-19 terjadi musibah ini, kami datang ke sini mengecek sampai sejauh mana kondisinya, serta memberikan semangat buat warga korban kebakaran dan mendoakan supaya sehat.”

Pada kesempatan itu Rustam juga mengingatkan seluruh masyarakat selalu mewaspadai ancaman kebakaran. “Oleh karena itu, kepedulian kita semua, warga masyarakat, pak RT/RW tolong benar-benar dijaga jangan sampai terjadi kebakaran. Cek betul listriknya, kompornya. Kalau lagi masak jangan ditinggal, sehingga tidak terjadi kebakaran,” imbuhnya.

“Ini kprihatinan kami, kita berharap jangan lagi terjadi seperti ini. Oleh karena itu kepedulian semua, para tokoh mayarakat, ketua/pengurus RT-RW dan warga masyarakat agar menjaga pemakaian listrik dan kompor. Jadi harus diperkuat dengan kepedulian masyarakat dan komunikasi masyarakat, bersama-sama untuk menjaga dirinya jangan sampai terjadi musibah ini.” pungkasnya