Sun. Sep 27th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Erick Thohir Tunjuk Wakapolri Jadi Wakil Komite Penanganan Covid-19

Menteri BUMN Erick Thohir Bersama Wakapolri saat konferensi pers bersama di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (13/8/2020).

Rakyatmerdekanews Jakarta – Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir menunjuk Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono untuk menjadi Wakil Ketua Pelaksana II Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN).

Gatot diperkenalkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir, yang juga Ketua Komite Pelaksana Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, saat konferensi pers bersama di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (13/8/2020).

“Terima kasih Bapak Wakapolri, yang merupakan juga Wakil Ketua II Tim Pelaksana daripada Komite Pencegahan Covid-19 dan Percepatan Ekonomi Nasional,” kata Erick.

Menurut Erick, tim pelaksana tidak akan sukses tanpa dukungan TNI-Polri. Maka dari itu, ia mengunjungi Mabes Polri untuk memastikan sinergitas.

Selain itu, Erick juga menyoroti pentingnya kesadaran masyarakat dalam penanganan Covid-19.

Menurutnya, penanganan Covid-19 juga tidak akan sukses apabila masyarakat tidak patuh menerapkan protokol kesehatan.

Maka dari itu, sosialisasi protokol kesehatan oleh aparat keamanan dinilai penting. Kegiatan tersebut akan difokuskan di 83.000 kelurahan dan desa.

“Karena itulah peningkatan kedisiplinan, peningkatan sosialisasi yang akan dilakukan oleh TNI-Polri menjadi hal yang sangat signifikan dan sangat penting, dalam arti supaya masyarakat bisa membantu daripada sukses penanganan Covid-19 ini,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakapolri mengatakan bahwa penunjukan tersebut merupakan tanggungjawab yang besar. Namun, dia mengaku sudah siap untuk membantu pemerintah guna memotong rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19 agar sektor kesehatan bisa kembali pulih dan perekonomian Indonesia bangkit.

“Ini tidak hanya dikerjakan oleh Polri tetapi juga bersama TNI dan Pemerintah. Kami akan pakai langkah persuasi sampai penegakan hukum,” Ujar Wakapolri

Wakapolri juga mengatakan bahwa pihaknya sudah memerintahkan seluruh anggota Polri untuk lebih serius lagi memutus rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia.

“Tidak ada yang main-main. Tidak ada kata jenuh untuk Polisi. Ini kegiatan kemanusiaan, laksanakan tugas dengan serius,” tegasnya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir juga telah menunjuk Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Wakil Ketua Pelaksana I Komite PCPEN.

Anggota PCPEN lain yang telah ditunjuk oleh Erick Thohir adalah Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Feri Wibisono, Deputi BPKP Selamat Simanullang, Dirjen Kominfo Ismail MT dan Deputi LKPP Sarah Sadiqa. (Mon)