Wed. Sep 30th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Jokowi Kenakan Busana Adat Dari Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT

 

RakyatMerdekaNews, Jakarta — Presiden Jokowi Selalu memakai busana adat Indonesia di dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia HUT RI ke 75 Untuk tahun ini di halaman Istana Merdeka Senin (17/08/2020) Jokowi memakai busana adat dari Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur.

“Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Istana Merdeka hari ini, saya mengenakan busana adat dari Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur,” Kata Jokowi di Fanpage Presiden Joko Widodo Senin (17/08/2020).

“Busana ini berupa kain tenun dengan motif Berantai Kaif Nunkolo. Motifnya dimodifikasi dari bentuk belah ketupat dengan batañg tengah yang berartì sumber air. Bagian pinggirnya yang seperti bergerigi melambangkan wilayah berbukit dan berkelok-kelok,” ungkap Jokowi.

Baca juga: Indrian Puspita Rahmadhani Dari Aceh Sebagai Pembawa Bendera Merah Putih di Istana Merdeka

Menurut Jokowi, busana adat dan aksesoris memiliki makna dan lambang sesuai adat setempat, Seperti busana yang dipakainya saat ini, warna merah melambangkan keberanian laki-laki Nunkolo, serta berbagai aksesori yang menambah indah kain tenun ini, termasuk tas sirih pinang yang tersampir di samping. Makan sirih pinang adalah budaya persatuan, juga melambangkan tanda kasih dan hormat. (Surya/Red)