Tue. Jan 18th, 2022

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Pokdarwis Batang Kasiak Benahi Objek Wisata Alam Matua Hilia

Rakyat Merdeka News.Com Agam Sumbar — Generasi muda Kecamatan Matur Kabupaten Agam membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Batang Kasiak, Nagari Matua Hilia Parik Panjang, berupaya mengembangkan destinasi wisata alam
yang ada di Matur Hilir dan Parik Panjang khususnya dan Kecamatan Matur umumnya.

Demikian tekat generasi muda Nagari Matur Hilir dan Parit Panjang yang melaksanakan rapat bersama dalam penyempurnaan kepengurusan Pokdarwis Batang Kasiak, Jum’at (11/9) di Batang Kasiak Matur Hilir.

Camat Matur Edo Aipa Pratama Putra sangat mendukung ide pembentukan Pokdarwis di Kecamatan Matur terutama Nagari Matur Hilir dan Parit Panjang sekitarnya.

Matur sudah diketahui oleh semua orang yang ada di Kabupaten Agam khususnya, dimana Matur dengan alam yang indah, dan perlu diolah secara bersama melalui penggiat seperti Kelompok Sadar Wisata, kata Camat Matur Edo Aipa Pratama Putra.

Sekretaris Kantor Pemuda Olahraga dan Pariwisata Agam Subhan yang sempat hadir juga mendukung dan mensuppor terbentuknya Pokdarwis yang mampu mengolah lokasi Batang Kasiak dijadikan destinasi wisata alam yang cukup strategis.

Matur dengan pemandangan dan alamnya yang indah bila dikelola dengan baik, merasa yakin para pengunjung wisata akan singgah dalam menikmati alam yang disuguhi kuliner dan cenderamata, kata Subhan.

Terpilih ketua Pokdarwis Batang Kasiak HY. Dt. Rangkayo Basa, wakil ketua l dan ll, Ardinal Sumitra dan Syikri Mabrur. Sekretaris Akhirul Tasbar, Bendahara Aslia Restu. Kepengurusan Pkdarwis Batang Kasiak Nagari Matur Hilir dan Nagari Parit Panjang dilengkapi dengan seksi bidang ketertiban dan keamanan dengan koordinator Efendi.

Koordinator seksi kebersihan dan keindahan Yulius. Koordinator daya tarik wisata dan kenangan Adhe Sastra. Koordinator seksi hubungan masyarakat dan Pengembangan sumber daya manusia Syafrizal Kari Sampono. Koordinator seksi pengembangan usaha Zilfaroni, dan dilengkapi dengan anggota di masing-masing seksi.

Disampaikan sekretaris Pokdarwis Akhirul Tasbar, menyampaikan objek wisata yang ada alam seperti wisata alam terasering persawahan, Pincuran Gadang, adanya Situs Batu Baselo, adanya daya tarik Wisata Budaya Masjid Tua Pincuran Gadang, Surau Batu Mudiak Sawah.

Daya Tarik Wisata Khusus yang ada Goa Nyiak Janun, Batu Payuang Mudiak Lawang, Mandee, Kampuang Tingga dan adanya Fasilitas Pendukung Wisata Penginapan/Homestay. ( Yun/KN)