Tue. Sep 29th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Dispenad Ajak Anggotanya Sabar Hadapi Ujian

Jakarta — Dinas Penerangan Angkatan Darat (Dispenad) menggelar kegiatan Pembinaan Mental (Bintal) Rohani Islam TW III TA 2020 bagi personel Dispenad, bertempat di Masjid At-Taqwa Mabesad, Jakarta, Rabu (16/9/2020).

Sekretaris Dinas Penerangan Angkatan Darat (Sesdispenad) Kolonel Inf Drs. Mu’tamar, M.Sc. mengatakan bahwa kegiatan Bintal ini sangatlah penting untuk dilaksanakan, guna memelihara keimanan dan ketakwaan anggota. Dengan mental yang kuat dan baik, diharapkan anggota dapat menjalankan tugasnya dengan baik sebagai prajurit atau PNS Dispenad, serta sebagai anggota masyarakat.

Tema kegiatan yang dihadiri personel militer dan PNS Dispenad yang beragama Islam tersebut yaitu “Sabar Menghadapi Ujian dan Cobaan”.
Terkait tema yang diangkat, dalam sambutannya, Sesdispenad menghimbau hadirin untuk selalu mengingat janji Allah pada hamba-Nya yang bersyukur.

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih,” ujar Mu’tamar mengutip terjemahan firman Allah dalam Q.S. Ibrahim Ayat 7.

Rangkaian acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an Surat Al-Hasyr Ayat 18-20 yang dibawakan oleh PNS H. Rohim, serta saritilawah oleh PNS Ari Sulistyowati. Acara dilanjutkan dengan ceramah yang dibawakan oleh Kepala Pembinaan Mental (Kabintal) Denma Mabesad, Mayor Inf Samsul Hadi, S.Ag.

Dalam ceramahnya, Kabintal mengulas mengenai macam-macam ujian atau cobaan yang diberikan Allah kepada hamba-Nya. Dikatakan bahwa segala sesuatu yang Allah berikan kepada kita, sesungguhnya merupakan ujian bagi manusia. Tinggal bagaimana kita sebagai orang-orang yang beriman dan berpikir, mempersepsikan serta menyikapi takdir yang diberikan Allah.

“Ujian Allah yang berwujud kesulitan, hendaknya kita sikapi dengan bersabar dan semakin mendekatkan diri kepada-Nya. Sementara ujian Allah yang berwujud nikmat, baik kekayaan, pangkat, jabatan, dan lain-lain, hendaknya disikapi dengan senantiasa bersyukur kepadanya, bukan malah menjadi kufur dan menjauhkan kita dari Allah,” jelas Kabintal dalam kesimpulan ceramahnya.

Di akhir acara, sebelum menutup sambutannya, Sesdispenad memberikan quiz bagi personel Dispenad yang bisa menjawab pertanyaan seputar isi ceramah hari itu. Peltu Teguh Kuswanto menjadi personel Dispenad yang beruntung mendapatkan apresiasi dari Sesdispenad karena berhasil menjawab quiz yang diberikan.

Acara Bintal ditutup dengan pembacaan do’a yang dipandu oleh Kabintal, dan secara umum kegiatan berjalan dengan tertib dan aman dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Hadir dalam acara tersebut, Sesdispenad, Kabagperslog Setdispenad, para Pamen, Pama, Bintara, Tamtama, serta PNS Dispenad. (Ikh)