Tue. Oct 20th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Forkopimda Banjar Gelar Rapat Hadapi Pilkada Ditengah Pandemi Covid

MARTAPURA – Jelang Pilkada serentak ditengah pandemi covid 19, Forkopimda Kabupaten Banjar  terus melakukan upaya koordinasi dipimpin langsung Bupati Banjar H.Kholirurrahman yang berlangsung di Mahligai Sultan Adam Martapura, Jumat ( 18/9)

Rapat Koordinasi Perdana dengan forkopimda Bawaslu dan KPU merupakan Pertemuan tatap muka pertama kali setelah hampir 4 bulan lebih diberlakukannya pembatasan dan pendisiplinan Covid- 19 guna membahas strategi Pengawasan Pilkada ditengah covid.

Bupati secara singkat menyampaikan dalam penyelenggaraan harus ada invovasi yang berbeda dari pilkada sebelumnya tetap, melakukan protokol kesehatan.

Bupati juga meminta KPU dan Bawaslu ibarat sebagai Wasit harus memiliki konsep yang baik nantinya dalam penyelenggaraan Pilkada di Kabupaten Banjar.

” Tak menutup kemungkinan kegiatan tersebut bisa saja bergejolak jika tidak serius dan cermat dalam penyelenggaraannya. Apalagi ditengah Wabah Pandemik Covid – 19 aturan ketentuan penyelenggaraan pemilu tetap harus dengan protokol kesehatan, koordinasi dengan gugus tugas Covid -19 karena mereka juga mempunyai hak dan kewenangan” tegas Bupati.

Sementara Wakil Gugus tugas Covid -19 Kabupaten Banjar Letkol Arm Siswo Budiarto juga memberikan arahan tentang Pelaksanaan Pilkada serentak dan Protokol Kesehatan Covid-19

” Ia mengingatkan kembali dalam pelaksanaan pemilu, agar tidak terjadi claster – claster baru dengan menjaga pandemi Covid 19. Ini bisa saja terjadi jika aturan dan ketentuan tidak diterapkan, penyelenggaraan harus inten dalam mengatur pelaksanaan Pilkada nanti khusus tempat – tempat yang menjadi rawan kegaduhan, secara otomatis protokol kesehatan terabaikan” terangnya.

Dimana pihaknya bersama Polri akan membantu perintah dalam menjaga keamanan dan kelancaran pelaksanaan Pilkada nanti

“Kodim Martapura akan membantu pemerintah dan kepolisian dalam pengamanan Pilkada. Sekali lagi kami meminta kepada KPU juga Bawaslu sebelum menyelenggarakan kegiatan itu lakukan kembali sosialisasi melalui tahapan pemilu serta aturan yang berlaku terkait penegakan disiplin protokol Kesehatan ” ucap Dandim.

Sementara itu Ketua Bawaslu Kabupaten Banjar Riski menyampaikan kesiapan Pilkada ditengah Covid – mendukung dan akan menjadi perhatiannya nanti.

“Apa yang sudah menjadi perhatian Bupati dan rekan – rekan Forkopimda sebagai bahan pertimbangan dan masukkan, pada intinya siap mendukung” ujarnya. (Ikh)