Tue. Oct 27th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Ajakan Prabowo Tanam Singkong, Langsung di Realisasikan ‘Koperasi Tunas Harapan Nusantara’ Indramayu’

Foto: Arief Kusnandar selaku Ketua Umum Koperasi Tunas Harapan Nusantara kabupaten Indramayu.

Rakyatmerdekanews.com, Indramayu – Untuk mengantisipasi dampak pandemi Covid-19 yang dikuatirkan terus berkepanjangan, saat ini pemerintah terus berupaya menyusun langkah-langkah strategis dalam mengatasi persoalan ini.

Sesuai pernyataan yang dilontarkan Jokowi, Presiden mengingatkan bahwa penyediaan cadangan pangan nasional adalah agenda strategis yang harus dilakukan dalam rangka mengantisipasi kondisi krisis pangan akibat pandemi Covid-19, yang sudah berkali-kali diingatkan oleh FAO (Food and Agriculture Organization) terkait krisis pangan dunia.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengungkap alasan kenapa dirinya menanam singkong di lumbung pangan, Kalimantan Tengah.

Ia menegaskan tugasnya secara khusus hanyalah sebagai pendukung Kementerian Pertanian, mengantisipasi dampak kelangkaan pangan akibat merebaknya pandemi COVID-19.

Lantaran tugas utama penanaman padi dilakukan oleh Kementan, Prabowo menyatakan secara khusus ia ditugaskan untuk menanam singkong sebagai pangan cadangan.

Soal kenapa pilihannya singkong, ia menjelaskan singkong tersebut nantinya bisa diolah menjadi tapioka. Sehingga dapat dijadikan bahan pembuatan roti hingga mi demi mengurangi ketergantungan terhadap impor.

Dengan singkong kita bisa menghasilkan tapioka, mocaf, yaitu tepung yang bisa menjadi bahan utama kebutuhan pangan kita mem-backup yaitu bahan pangan untuk roti, untuk juga nasi dari singkong dan juga mi,” jelas Prabowo.

“Indonesia sudah konsumen mi kedua terbesar di dunia, dan kita ingin menjamin kita tidak tergantung persediaan luar negeri,” sambung Prabowo.

Sementara ditempat terpisah Drs. Mayjend TNI (Purn), H. Hendardji Soepandji, SH yang juga salah satu Dewan Pelindung Koperasi Tunas Harapan Nusantara Kabupaten Indramayu (27/9) mengatakan, singkong merupakan makanan rakyat dengan harga terjangkau utamanya oleh masyarakat lapisan bawah yang mana bisa di konsumsi menjadi aneka makanan siap saji.
Dengan singkong kebutuhan makanan pokok masyarakat akan terpenuhi, ujarnya.

Ajakan Prabowo menanam singkong, langsung di jawab para petani di kabupaten Indramayu. Sambil menunggu janji Presiden Jokowi untuk memberikan hak kepada rakyat soal kehutanan sosial, para petani dibawah Koperasi Tunas Harapan Nusantara kabupaten Indramayu yang diketuai Arief Kusnadar di sekretariat Jalan Cikamurang Blok Lajem RT. 029/RW. 008, Desa Cikawung, kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu
itu ramai-ramai memanen singkong.

Dalam upaya mendukung program katahanan pangan nasional, para petani di kawasan itu memanfaatkan tanah garapan dengan cara menanam singkong, mangga, pemberdayaan ikan dan lain sebagainya.

Agar program lumbung pangan ini terus berjalan untuk mengantisipasi dampak pendemi Covid-19 yang berkepanjangan, Arief Kusnandar selaku Ketua Umum Koperasi Tunas Harapan Nusantara, kabupaten Indramayu (27/9) berharap, baik pemerintah daerah maupun pusat segera memberikan bantuan kepada para petani melaui koperasi yang dibinanya, harapnya.

Terobosan yang dilakukan petani kabupaten Indramayu ini juga mendapat dukungan secara moril dari Paguyuban Satria Panunggal Siliwangi yang diprakarsai oleh Dede Jamaludin. Hal ini karena telah mendapat restu dari para leluhurnya. (Tim)