Thu. Nov 26th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Meramu Sinergritas Pelindo IV dan Pemda Gorontalo

Rakyatmerdekanews.com,Jakarta – Buah pikiran manajemen PT Pelindo IV untuk melakukan sinergritas dengan Pemerintah Daerah Gorontalo,ini merupakan wujud konsep BUMN untuk mengaktifkan CSR dalam berdayakan ekonomi masyarakat. Hal itu yang menjadi dasar kenapa PT Pelindo IV (Persero) siap bersinergi
dengan pemerintah provinsi untuk menunjang kelancaran kegiatan logistik di Gorontalo.

Seperti yang dikatakan Direktur Utama IV dalam keterangan tertulis yang diterima Rakyatmerdekanews.com,Jumat (23/10/2020),saat menerima kunjungan silaturahmi Tim Komisi III DPRD Provinsi Gorontalo yang dipimpin Ketua Komisi III, Idrus M.T. Mopili bersama Sekretaris Komisi III, Erwinsyah Ismail dan Faizal Hulukati di Kantor Pusat Pelindo IV Makassar,mengatakan,bahwa persoalan depo kontainer yang akan dikelola nanti bisa saja dibangun oleh pemda setempat maupun pihak swasta. Dia juga berharap bantuan dan dukungan dari legislatif yang ada di Gorontalo untuk mewujudkan hal tersebut, utamanya terkait lahan dan peraturan daerah (Perda).

Menurutnya, saat ini tipe peruntukan Pelabuhan Gorontalo adalah pelabuhan multipurpose, di mana terminal penumpang dan cargo campur menjadi satu. Tidak ada depo khusus untuk menampung kontainer.

Dengan adanya depo khusus kontainer nanti, diharapkan Kota Gorontalo lebih tertata, nyaman dan safety.

Dia mencontohkan penyediaan depo di Surabaya dan Jakarta, di mana pemda maupun swasta dapat berpartisipasi dan bekerja sama. “Hal ini tentu sangat bagus juga untuk dilakukan di Gorontalo karena selama ini hal tersebut sangat potensial namun belum tersentuh. Sehingga diharapkan bisa mendukung peningkatan roda perekonomian di Gorontalo. Pelindo IV siap mendukung untuk pengelolaan dan manajemennya,”ujarnya.

Ketua Komisi III DPRD Gorontalo, Idrus M.T. Mopili mengatakan, pihaknya sangat mendukung niat Pelindo IV tersebut.

Sekretaris Komisi III DPRD Gorontalo, Erwinsyah Ismail juga menambahkan bahwa tahun depan pihaknya memang telah berencana menyusun Perda Kontainer.

Selain mengelola depo kontainer, Prasetyadi mengungkapkan bahwa pihaknya juga memiliki rencana jangka panjang untuk melakukan pengembangan di Pelabuhan Gorontalo eksisting, yang akan mengintegrasikan kota dengan pelabuhan moderen.

Dirut Pelindo IV mengatakan dalam rencana pengembangan nanti, pihaknya akan menjadikan Pelabuhan Gorontalo sebagai pelabuhan wisata. “Kami akan mentransformasi Pelabuhan Gorontalo, dengan pembangunan convention, hotel, mal dan parking lot,” kata Prasetyadi.

Dia menyebutkan, saat ini pelabuhan eksisting di Gorontalo memiliki fasilitas dermaga dengan panjang 367,6 meter persegi dan lapangan penumpukan seluas 1,8 hektare dengan kapasitas sebanyak 90.000 TEUs per tahun.

Tim Komisi III DPRD Provinsi Gorontalo juga menyambut baik rencana tersebut. Idrus Mopili mengatakan, pihaknya akan mendukung sepenuhnya pengembangan yang akan dilakukan Pelindo IV.

Senada dengan Ketua Komisi III, Erwinsyah juga mengatakan bahwa pihaknya sangat antusias dengan rencana pengembangan Pelabuhan Gorontalo yang dilontarkan Dirut Pelindo IV.

“Pokoknya apapun itu untuk kemajuan Gorontalo, pasti akan kami dukung,” tukasnya.(Delly M/CS)