Thu. Nov 26th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Sosialisasi Inaportnet Luruskan Pelayanan Terbaik Tanpa Tatap Muka

Rakyatmerdekanews.com, Jakarta – Konsep Inaportnet telah melekat dibidang pelayanan jasa di Pelabuhan. Konsep ini tidak lain untuk memberikan kenyaman bagi pelaku usaha untuk beraktifitas untuk dilayani dengan baik tanpa betatap muka. Dan pihak Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuban Kelas III,melalui Dit Lala mengambil inisiatif memberikan pencerahan sosialiasi inaportnet. Menurut keterangan yang disampaikan KSOP Sunda Kelapa kepada Rakyatmerdekanews.com,pada Rabu (4/11/2020),akan diawali minggu pertama bulan Desember 2020,dengan menghadirkan peserta dari KSOP Sunda Kelapa,KSOP muara Angke,PT. Pelindo 2 cabang Sunda kelapa, Perusahaan pelayaran, PBM dan JPT.”Sosialiasai ini suatu langkah-langkah agar para peserta yang hadir dapat mengoperasikan dan menjalankan sistem inaportnet dengan baik,”kata Roni Fahmi. Dan perlu dikatahui,sistem inaportnet merupakan langkah ke depan yang diambil karena sangat bagus untuk meningkatkan pelayanan dengan mengurangi tatap muka.” Tentunya sangat bagus pelayanan kepada barang,utamanya di Pelabuhan Sunda Kelapa dengan menggunakan sistem inaportnet dengan jam pelayanan 24 jam sehari untuk 7 hari dalam seminggu,”ujarnya.

Apalagi dalam proses verifikasi permohonan dan persetujuan tidak dilakukan secara berjenjang lagi melainkan pelaksanaannya semua melalui inaportnet yang merupakan verifikator tunggal sehingga keabsahan atas dokumen persetujuan pelayanan dipelabuhan menggunakan sarana inaportnet yang diberikan melalui quick respon code (QR Code).

Begitu juga proses pencetakan hasil layanan dapat dicetak kantor masing-masing pengguna jasa untuk dokumen. Misalanya,persetujuan kedatangan kapal, Persetujuan kapal keluar masuk pelabuhan,Persetujuan rencana kerja bongkar muat,Persetujuan bongkar muat barang berbahaya,Penetapan pelayanan kapal,Persetujuan olah gerak kapal, Persetujuan daftar awak kapal,Laporan keberangkatan kapal,Laporan kedatangan dan keberangkatan kapal dan Laporan angkutan barang.”Sedangkan untuk persetujuan berlayar harus mengambil SPB online yang dicetak di pusat pelayanan satu atap nantinya,”imbuhnya. (Delly M)