Fri. Jan 15th, 2021

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

KPU Kabupaten Sukabumi Gelar Debat Publik Untuk 3 Paslon

Foto: Para Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Sukabumi Untuk Periode 2021 – 2026.

Kabupaten Sukabumi, Rakyat MerdekaNews – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi menggelar debat publik untuk Paslon yang akan bertarung di laga Pilkada 9 Desember 2020 mendatang. Bertempat di ruang Auditorium Hotel Agusta, Jalan Raya Cikukulu, Kecamatan Cicantayan,
Selasa, (24/11/2020), mulai pukul 14.00 hingga 16.00 Wib.

Debat publik diikuti oleh 3 Pasangan Calon ( Paslon ) Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi, yaitu Paslon No. Urut 1. Drs. H. Adjo Sardjono, didampingi Iman Adinugraha, SE.,Akt., 2. Drs. H. Marwan Hamami MM beserta Drs. H. Iyos Somantri M. Si., 3. KH. Abubakar Sidik dan H. Sirojudin, SE.

Debat publik dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, dikawal dengan para personil dari TNI, PolRI Dan SatPol PP.

Setiap undangan wajib menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan diukur suhu tubuhnya. Juga ada pembatasan peserta undangan yang hadir di acara debat. Acara debat di masa pandemi ini hanya dihadiri oleh 2 orang pasangan calon, 2 orang Perwakilan Bawaslu Kabupaten, 4 orang Tim Kampanye making – masing Paslon, dan 5 orang Anggota KPU.

Sebagai moderator dalam debat ini adalah Dr. Ferry Kurnia Rizkiansyah, M.Si Anggota KPU RI periode 2012 – 2017 dan pendiri Netgrit ( Network for Democracy and Electoral Integrity ). Karena dalam masa pandemi, maka tema debat yang kita usung Tentang Peran Kepala Daerah Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan, Pelaksanaan Pembangunan, Pelayanan Publik dan Kebijakan Penanganan Covid 19.

Tujuan dilaksanakannya debat publik adalah; Pertama, menyebarluaskan profil, visi, misi serta program kerja para pasangan calon kepada pemilih dan masyarakat. Kedua, memberikan informasi secara menyeluruh kepada pemilih sebagai salah satu pertimbangan pemilih dalam menentukan pilihannya. Ketiga, menggali lebih dalam dan luas atas setiap tema yang diangkat dalam kegiatan debat publik.

Debat ini disiarkan secara live streaming di FB Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sukabumi dan di TV Pilkada KPU Kab.Sukabumi, serta nanti akan ditayangkan pada 26 November 2020 di TVRI Puk. 14.30 – 16.30 WIB.

Ketua KPU Kabupaten Sukabumi, Ferry Gustaman saat jumpa pers mengatakan, bahwa para paslon sangat antusias dengan diadakanya ” Debat Publik ” ini, dimana dari testimoni Paslon, bahwa PilKaDa periode ini sangat berat, karena harus membawa AKB ( Adaftasi Kebiasaan Baru ), dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Namun, dengan adanya Debat ini, yang difasilitasi KPU, sangat membantu Paslon untuk mensosialisasikan visi dan misi ke para pemilih. Sambung Ferry lagi, Ada 3 pertanyaan yang diajukan para panelis kepada Paslon, yang berhubungan dalam penyelenggaraan pemerintahan di tengah situasi pandemi, sesuai dengan tema yang diusung.

Lanjutnya, setelah acara Debat ini, tahapan selanjutnya yang difasilitasi dari KPU, adalah Kampanye metallic media cetak, electronic dan juga media sosial, juga para Paslon bebas ber Kampanye via media, sampai dengan 05/12-20, tandas Ketua KPU ini mengakhiri penbicaraannya. (HP)