Fri. Jan 15th, 2021

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Jelang Pilkada Kabupaten Tasikmalaya, Dugaan Money Politik Terendus Di Kecamatan Jamanis

 

Rakyatmerdekanews.com – Kabupaten Tasikmalaya – Jelang Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Tasikmalaya yang beberapa hari lagi dilaksanakan tapi beberapa dugaan pelanggaran seperti money politik ditemukan dan dilaporkan ke badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu ) Kabupaten Tasikmalaya, kali ini Terendus pelanggaran politik uang di Desa Karangmulya Kecamatan Jamanis Kabupaten Tasikmalaya dan masyarakat yang mengetahui adanya kejadian tersebut melapor ke Bawaslu dan didampingi oleh kuasa hukumnya . Jum’at 04/12/2020.

Ecep Sukmanagara, SH An Kuasa Hukum dari Pelapor telah menyerahkan berkas pelopran kepada Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya terkait adanya dugaan Politik uang dalam Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Tasikmalaya.

“Politik uang ini Dilakukan oleh Inisial D di Desa Karangmulya Kecamatan Jamanis. Terjadi pada Hari Jumat lalu saudara D memberikan uang Rp. 50 kepada setiap warga di kampung kubangsari, Kami memberikan bukti uang dan disertai kedatangan dari para saksi, uang tersebut oleh saudara D diberikan kepada warga dengan meminta kepada penerima warga untuk memilih salah satu paslon yang ikut dalam Kontestasi Pilkada di kabupaten Tasikmalaya.” Ujar Ecep kepada Wartawan usai mendampingi Pelapor ke Bawaslu.

Lanjut Ecep, dari uraian peristiwa Hukum ini Pelapor mengetahui pada hari selasa lalu atas laporan dari warga yang menerima uang tersebut. Maka Pelapor berinisatif agar terwjudnya Demokrasi yang jujur, aman dan adil, oleh karena itu dilaporkanlah hari ini ke bawaslu, bahwa saksi yang kami siapkan banyak, namun demi efektifitas kami hadirkan dua saksi, kalau bawaslu dirasa kurang untuk saksi ada banyak warga yang siap mendukung menjadi saksi untuk pelaporan kami, Tugas Bawaslu selanjutnya Investigasi kelapangan apakah dia sebagai tim pemenangan atau sebagai masyarakat biasa. yang jelas dugaan money politik ini sudah dilakukan oleh Terlapor.” Tandas Ecep.

Ecep Sukmanagara, SH menambahkan yang menerima uang tersebut ada Puluhan orang bahkan ada yang dititipkan oleh Perangkat RT untuk dibagikan. Gakkumdu selanjutnya akan membahas pelaporan kami dan dalam tempo dua hari akan memberikan informasi ke Pelapor, semua unsur ini sudah terpenuhi, baik syarat formil dan maupun Materiil, Bawaslu diminta harus investigasi langsung kelapangan, karena Pelapor ini sangat membantu kinerja Bawaslu demi tegaknya supermisi Hukum.” Pungkas Ecep Sukmanagara.

 

D.SUHENDAR