Mon. Mar 1st, 2021

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Danramil Astambul Sasar Korban Banjir Mengungsi Dihutan Karet 

MARTAPURA – Kisah melakukan korban banjir di Kalimantan Selatan menjadi perhatian TNI Kodim 1006/Martapura.

Melalui Danramil 1006-04/ Astambul Kodim 1006/Martapura – Mataram Kapten Cba Sutarno bersama Babinsa memantau kondisi warganya mengungsi dihutan.

Menurut Sutarno, warga Desa Pingaran Ulu Rt.02/03 Kecamatan Astambul terpaksa harus mengungsi ke dataran lebih tinggi, ada 50 Kepala Keluarga karena selain rumah terendam jalan menuju Kecamatan tempat penampungan sementara sudah tidak bisa jalan terendam putus.

” Mereka harus menyelamatkan diri dengan naik ke bukit dan hutan dari terjangan bencana banjir meski barang dirumah banyak hanyut dan dengan hanya membawa perbekalan seadanya ” terang Danramil.

Melalui Posko Tanggap Bencana Alam Kodim 1006/ Mtp pasokan dukungan logistik juga makanan mereka sudah di antar Babinsa dan sejumlah warga ikut membantu,” kata Sutarno, Minggu ( 17/1)

Sementara Jarkasi Ahmad ( 47 ) salah seorang warga terdampak banjir merasakan sekali memdapat dukungan makanan pihak TNI.

” Ia menuturkan selama 5 hari berada di hutan kebun karet mereka memilih bertahan.

” Kami semantara disini aja dulu takut pulang ke kampung meski kabar dari Babinsa sedikit turun kami khawatir terjadi hal yang tidak diinginkan
karena air dari hulu atas pengaron yang belum surut airnya ” katanya warga bernada sedih.

Terkait kondisi warganya Dandim Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto berharap air segera surut. Dirinya juga berpesan kepada jajarannya agar terus memantau perkembangan kondisi warga yang mengungsi..

” Tolong semua anggota terus pantau perkembangan kondisi korban banjir terutama yang tidak terjangkau segera dicek dan dibantu” ucapnya. (Ikh)