Mon. Sep 20th, 2021

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Donor Darah Plasma Konvalesen Selain Bermanfaat Untuk Diri Sendiri Juga Orang Lain

Rakyatmerdekanews,com, Tangsel – Obat utama Covid-19 dikenal dengan antibodi atau imunitas, ada 2 cara aktif dan pasif, akif itu adalah dengan Vaksinasi yang sudah tertular (virus langsung), ada yang sifatnya pasif, pasif adalah penyitas diplasma itu ada antibodi, antibodi inilah atau immunoglobulin igG diambil lalu diberikan yang sedang sakit, ujar Kepala unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dr. Suhara Manullang Ciater Serpong pada Rabu (20/01/2021).

Berkaitan dengan Donor darah plasma konvalesen dr. Suhara Manullang menjelaskan ada dua prinsip, pertama pendonor harus tetap aman dan sehat jangan sampai setelah mendonorkan jadi sakit, kedua Plasma yang ditransfusikan, berkualitas sesuai standar karena ini pengobatan bagi pasien yang sedang sakit Covid-19 dari sedang hingga berat.

Mengenai kondisi pendonor harus diperiksa terlebih dahulu, pendonor sehat jasmani termasuk rohani, kedewasaan secara umur maksimal 60 Tahun, kemudian bagaimana tekanan darahnya, begitupun darah merahnya (Hemoglubin), berat badan minimal 55 Kg, lalu darah pendonor di screening dulu apakah hepatitis B dan C, juga spilis atau HIV Aids, itu tidak boleh ada, setelah clear sehat tahap selanjutnya discreening berapa antibodinya atau igG, kalau semua oke lolos untuk donor, syarat utama donor plasma konvalesen pasien pernah swab positif Covid-19 satu kali dan keterangan sembuh, ditambah swab nagatif satu kali tutur dr. Suhara Manullang yang juga Koordinator Rumah Lawan Covid-19.

Sementara itu mantan Pasien Covid-19 Muhammad Rivaldo (24) belum lama ini ikut mendonorkan darahnya dalam pencanangan gerakan plasma konvalesen PMI Kota Tangsel.

Menurut Muhammad Rivaldo yang bekerja sebagai Admin Rumah Lawan Covid-19, dengan mendonorkan darahnya karena memang dibutuhkan untuk pasien Covid-19, ketika saya melakukan donor darah biasa saja tidak ada keluhan, saya pastikan tidak usah takut dan jangan termakan berita-berita Hoaks, adapun donor darah plasma konvalesen ini selain bermanfaat untuk diri sendiri juga orang lain, ucapnya.(Adv/Agus.G)