Mon. Mar 1st, 2021

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Fatah Kusumo Handogo Dilantik Sebagai Kades Antar Waktu.

Rakyatmerdekanews.com – Purworejo – Fatah Kusumo. H. SE dilantik sebagai Kepala Desa (Kades) antar waktu , Desa Kebon Gunung ,Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo. Dirinya menjabat Kades menggantikan Almarhum Hery Wibowo yang meninggal sebelum masa jabatanya habis. Fatah akan meneruskan masa jabatanya sejak tanggal terlantik ,yakni 26/1 /2021- 28/5/2025 mendatang.

Prosesi Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan terhadap kepala desa terpilih hasil Pilkades Antar Waktu tersebut dilakukan oleh Camat Loano, Laksana Sakti, yang berlangsung di Balai Desa Kebon Gunung dengan standar protokol kesehatan Selasa (26/1/2021) .

Hadir dalam acara tersebut Asisten 3 Sekda Bidang Kesra. Pram Prasetyo Ahmad MM mewakili bupati Purworejo, Ka. Dinpermades Agus Ari Setiyadi SSos, Ka. Satpol PP Damkar Budi Wibowo SSos MSi, Ka. Dinas PUPR Suranto Ssos MPA, Forkopimcam Loano, dan sejumlah OPD terkait.

Dalam sambutanya bupati menyampaikan , pelantikan Kades Antar waktu berdasarkan SK Bupati Purworejo nomor 160.18/20/2021. Sesuai ketentuan Pasal 54 ayat (1) Peraturan Daerah Kabupaten Purworejo Nomor 12 Tahun 2015 tentang Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa menyatakan bahwa dalam hal kepala desa berhenti dan sisa masa jabatannya lebih dari satu tahun, maka dipilih kepala desa antar waktu melalui musyawarah desa.

“ Kami berharap kepada kepala desa yang terpilih saya segera menyesuaikan diri terkait dengan tugas tugas dan kewenangannya dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Kepala desa mempunyai kedudukan sebagai pimpinan pemerintah desa yang memimpin penyelenggaraan pemerintahan desa. Dalam kedudukannya itu dibantu oleh perangkat desa dan bertanggungjawab kepada masyarakat desa melalui Badan Permusyawaratan Desa (BPD),” ujarnya.

Sementara itu Ka. Dinpermades Agus Ari Setiyadi mengungkapkan bahwa pemilihan kades antar waktu di Desa Kebon Gunung merupakan kali kedua setelah yang pertama di Desa Ketangi Kecamatan Purwodadi. Di Kebon Gunung, Kades sebelumnya meninggal dunia akibat kecelakaan dan menyisakan masa jabatan lebih dari satu tahun, katanya.

“Secara regulasi, Kades yang terpilih melalui pemilihan secara normal atau serentak maupun antar waktu memiliki hak, kewajiban, dan wewenang yang sama. Kades mempunyai tugas menyelenggarakan pemerintahan desa, melaksanakan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa, dan pemberdayaan masyarakat desa. Untuk itu diharapkan kepada kepala desa terlantik dapat berhati-hati dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan desa,” jelasnya.

Lebih lanjut Agus mengatakan, sebagai Kades antar waktu tantangannya juga sama. “Tantangan yang berat adalah tentang bagaimana cara mengelola keuangan desa secara benar. Apalagi dengan adanya dana desa (DD)yang luar biasa besarnya. Namun kami percaya teman-teman Kades bisa menjalankan tugasnya dengan baik sesuai regulasi.

Akan tetapi tetap dibutuhkan partisipasi dari seluruh komponen masyarakatdan lembaga desa untuk melakukan pengawalan,”ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut sebagai kades terpilih Fatah Kusumo mengaku telah siap menjalankan amanah yang diberikan masyarakat meski banyak pekerjaan (PR) besar yang harus diselesaikan.”Untuk pembangunan khususnya bidang infrastruktur menjadi salah satu prioritas, termasuk jaringan Internet yang sempat macet akan segera kami perbaiki, ujarnya.

Terkait dana desa, pihaknya berjanji akan mengelola dengan baik sesuai regulasi dan melibatkan elemen terkait. Transprans anggaran dan pembangunan juga akan dilakukan melalui optimalisasi sistem informasi desa (SID).(Kun).