Mon. Mar 1st, 2021

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Berikan Materi Bela Negara Siswa SMKN Perikanan Wini

NTT – Kesadaran akan Bela Negara merupakan hak dan kewajiban bagi setiap warga Negara. Penanaman nilai-nilai Bela Negara khususnya kepada para generasi muda sebagai generasi penerus dan pembaharu bangsa wajib diajarkan sejak usia dini, dihadapkan dengan tantangan ke depan yang semakin kompleks dan sulit diprediksi. Tekad, sikap dan perilaku cinta tanah air berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 menjadi kunci keberhasilan para generasi muda dalam menjaga, mempertahankan, membela dan membangun negara ini dimasa yang akan datang.

Saat ini, bentuk ancaman telah bergeser dari ancaman bersenjata menjadi ancaman kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan, penyakit, kelangkaan lapangan kerja, kriminalitas, SARA, terorisme hingga narkotika. Menyadari hal itu, seiring dalam menjalankan tugas pokoknya, Satgas Yonarmed 3/105 Tarik memberikan materi kesadaran Bela Negara kepada siswa-siswi SMKN Perikanan Wini di Desa Humusu Wini, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Senin (25/1/2020).

Dijelaskan oleh Dansatgas Yonarmed 3/105 Tarik, Letkol Arm Laode Irwan Halim, S.I.P., M.Tr.(Han)., bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk menanamkan rasa cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, keyakinan pada Pancasila sebagai ideologi negara serta semangat rela berkorban kepada para generasi muda di perbatasan.

“Memang benar tugas TNI itu membela negara, tapi membela negara itu bukan semata-mata menjadi tugas TNI saja. Kita semua juga bisa membela negara sesuai kemampuan, keterampilan maupun profesinya. Contohnya saja menjadi juara Olimpiade bagi seorang pelajar, keterampilan dalam bidang kesenian sampai mengukir prestasi di luar negeri ataupun di berbagai profesi seperti TNI, Polisi, guru, pajabat pemerintah dan profesi lainnya yang selalu terpanggil dalam dirinya untuk memajukan negeri ini,” kata Dansatgas.

“Untuk meraih semua itu, tentunya mereka harus memiliki bekal yang cukup. Rajin belajar, berprestasi di sekolah, disiplin mentaati peraturan, mengenal sejarah perjuangan bangsa, mau menjaga serta melestarikan lingkungan dan mengasah bakat yang dimiliki. Diimbangi dengan pendidikan moral serta keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,” tambahnya.

Selanjutnya Dansatgas berharap kepada para generasi muda, khususnya siswa-siswi SMKN Perikanan Wini dapat termotivasi dalam membekali dirinya agar memiliki kesadaran awal Bela Negara. Semoga suatu hari nanti mereka dapat menjadi generasi penerus bangsa yang dapat diandalkan untuk menjawab dan menghadapi segala ancaman, tantangan, halangan dan gangguan yang merongrong negara Indonesia yang kita cintai ini.

Sementara itu, Dorentiana Nesi, S.Pd. (48) selaku Kepala Sekolah SMKN Perikanan Wini mengucapkan banyak terimakasih atas kehadiran personel Satgas Yonarmed 3/105 Tarik yang telah memberikan wawasan kebangsaan dan bela negara kepada para peserta didiknya. “Terimakasih Pak, memang sekarang pendidikan Bela Negara seperti ini sudah jarang kami terima, apalagi pemberi materinya dari TNI jadi mereka lebih antusias. Semoga setelah ini jiwa patriot dan nasionalisme anak-anak kami semakin tumbuh dalam diri mereka Pak,” imbuhnya. (Red)