Tue. Jun 15th, 2021

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Tingkatkan Minat Membaca, Ini Yang Dilakukan Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Di SMKN Pertanian Eban


NTT — Kebiasaan generasi muda Indonesia dalam membaca dan menulis saat ini masih terbilang sangat rendah. Rendahnya minat baca ini makin menyebabkan kualitas dan mutu pendidikan juga hanya jalan di tempat (stagnan) dan cenderung mundur. Penyebab rendahnya budaya baca ini karena mereka lebih suka menonton televisi (TV), mendengarkan radio dan bergelut pada dunia maya (internet dan media sosial) dibandingkan membaca buku.

Kebiasaan anak-anak dijaman sekarang, setidaknya seimbang dengan kebiasaan membaca buku. Agar mutu dan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang akan datang dapat semakin maju. Dalam rangka menumbuhkan dan menungkatkan kembali minat baca anak-anak tersebut, maka Satgas Yonarmed 3/105 Tarik terdorong untuk memberikan bantuan berupa buku-buku bacaan kepada para siswa SMKN Pertanian Eban yang bertempat di Desa Suanae, Kecamatan Miomaffo Barat, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Dijelaskan Dansatgas Yonarmed 3/105 Tarik Letkol Arm Laode Irwan Halim, S.I.P., M.Tr.(Han). bahwa rendahnya ukuran minat baca siswa di perbatasan bukan semata karena malas membaca, tetapi juga disebabkan karena terbatasnya suplai buku bacaan yang bisa dibaca sebagai bahan referensi para siswa untuk menambah wawasan dan pengetahuannya.

“Persoalan rendahnya minat membaca para siswa dijaman sekarang, kebanyakan diarahkan pada kemalasan para siswa itu sendiri. Sebelum kita menyalahkan mereka, yang perlu kita pertanyakan adalah apakah sudah tersedia sarana buku bacaan yang cukup dan berkualitas yang bisa mereka dapatkan disana ? Dengan berlatarbelakang kondisi ini, maka Satgas memberikan bantuan buku-buku bacaan kepada para siswa perbatasan sebagai upaya memecahkan persoalan tersebut,” ujarnya.

“Pemberian buku-buku bacaan ini merupakan upaya yang bermanfaat dan bernilai positif yang dapat kami dilakukan untuk membantu memecahkan persoalan minat baca anak-anak. Dengan harapan, tingkat wawasan dan pengetahuan para siswa di perbatasan dapat semakin bertambah dalam menuntut ilmu demi masa depan yang lebih baik lagi,” tambah Dansatgas.

Menanggapi hal tersebut Oktavianus Elo (33) salah seorang Guru SMK Pertanian Eban menyampaikan terima kasih atas bantuan buku-buku bacaan yang diberikan oleh personel Satgas Yonarmed 3/105 Tarik. “Terima kasih Pak, atas bantuan buku-buku yang diberikan, tentunya buku-buku pelajaran ini sangat bermanfaat bagi anak-anak didik kami,” pungkasnya.

Sudah semestinya kita mendorong dan lebih maksimal lagi untuk menumbuhkan dan meningkatkan budaya membaca generasi muda kita. Sama halnya dengan yang telah Satgas lakukan, mulai membuat Taman Baca untuk memperbanyak kegiatan membaca anak-anak, hingga penyediaan buku-buku bacaan dan pelajaran. Sebab, bagaimana kita bisa mencerdaskan generasi muda kita jika budaya baca saja masih sangat rendah dan bagaimana mereka bisa mau membaca bila buku yang ingin dibaca saja tak ada. (Red)