Thu. Aug 11th, 2022

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

UNPAM Turut Ambil Bagian Aksi Bersih Cisadane

Tangerang – Dalam memperingati hari peduli sampah nasional. Universitas Pamulang ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan kegiatan aksi bersih Cisadane. Sebanyak 25 Mahsiswa yang didampingi oleh Bapak Mada Faisal Akbar, S.E., M.M. dan Bapak Ade Yusuf, S.E., M.M. mengikuti kegiatan ini pada Minggu 21 Februari 2021.

Sebelum pelaksanaan, Bapak Imbron S.E., M.M. yang merupakan Dosen Universitas Pamulang melakukan survey dan observasi di lingkungan Kampung Eko Wisata Keranggan yang merupakan wilayah pinggiran sungai Cisadane.
Bapak Alwani, S.Pd., selaku ketua kelompok sadar masyarakat yang menggagasi Kampung Eko Wisata Keranggan menyampaikan keinginannya untuk membangun Desa Ekonomi berbasis Eko Lingkungan. Dari lingkungan dan ekosistem, bisa membuat ekonomi masyarakat naik. Maka dari itu sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan, diadakan kegiatan aksi bersih Cisadane yang diketuai oleh Pak Abdul Basit.
Universitas pamulang sebagai salah satu tempat pendidikan perguruan tinggi, ikut berpartisipasi dalam bentuk kerjasama untuk membantu kelancaran kegiatan tersebut. “Ini adalah langkah awal kami melakukan wujud dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat mahasiswa unpam” Tutur Pak Imbron, S.E., M.M.. Beliau juga menambahkan bahwa ke depannya Kampung Eko Wisata Keranggan akan menjadi desa binaan.
Kegiatan ini memberikan banyak manfaat, selain menjadi implementasi langsung wujud pengabdian mahasiswa, namun menjadi ajang edukasi mengenai pentingnya menjaga lingkungan. Universitas Pamulang sangat mendukung adanya kegiatan ini. Bapak Dr. Kasmad, S.E., M.M. dan Dr. Pak Udin Ahidin, S.E., M.M. selaku ketua dan wakil ketua Program Studi Manajemen Universitas Pamulang, sangat senang bisa unpam ikut berpartisipasi dalam pelaksanaannya. Mereka meyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting, selain membuat lingkungan sekitar bersih, kegiatan ini juga dapat membentuk kepribadian mahasiswa untuk peduli terhadap lingkungan dan bagaimana mengimplementasikan teori dari ilmu yang telah didapatkan.
Ferdi salah satu mahasiswa yang turut mengikuti kegiatan menyampaikan rasa senangnya bisa berpartisipasi dalam kegiatan karena secara tidak langsung bisa membantu masyarakat dan juga disampaikan bahwa kebersihan merupakan bagian dari Iman.
Kegiatan aksi bersih Cisadane berjalan dengan lancar dan dihadiri oleh Pejabat-pejabat Kementrian Republik Indonesia khususnya kementrian Pariwisata, Pejabat Walikota Tangerang Selatan, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup dan beberapa komunitas lainnya. Acara dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.
Kegiatan ini harus tetap berkesinambungan. Seluruh masyarakat baik bidang akademisi, pemerintah maupun warga sipil harus ikut berperan aktif juga dalam menjaga lingkungan serta mencari solusi yang terbaik agar lingkungan tetap bersih. Artinya disediakan manajemen sampah baik untuk sampah perumahan, jalan, area sungai dan lainnya.

Penulis : Anum Nuryani, S.E., M.M.