Wed. Jul 28th, 2021

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Kunjungi Bank Sampah Sahabat Alam (BSSA), Genius Umar Apresiasi Pembina dan Direktur BSSA


 

Rakyat Merdeka News.Com Pariaman, Sumbar — Kunjungi Bank Sampah Sahabat Alam (BSSA) di Desa Kampung Apar, Kecamatan Pariaman Selatan, Walikota Pariaman, Genius Umar Apresiasi Pembina dan Direktur BSSA, pada kunjunganya ketika bersepeda Sabtu pagi (20/3/2021).

Genius Umar memberikan semangat dan memotivasi pemuda pemudi Desa Kampung Apar yang telah konsen dengan masalah lingkungan, apalagi dapat mengolah dan mengembangkanya, sehingga bernilai ekonomis dan berdampak kepada masyarakat sekitar.

“Pemuda Milenial Kreatif seperti ini yang kita terus harapkan agar bermunculan, dimana mereka mempunyai ide yang inovatif dan mampu membaca kesempatan, dengan memanfaatkan sampah menjadi bernilai guna dan bermanfaat, ditambah dengan budidaya maggot yang semakin berkembang,” puji Genius Umar.

Lebih lanjut lulusan S3 IPB ini juga berdialog dan bertukar pikiran dengan Pembina BSSA, Ekho Kurniawan, dan Direktur BSSA yang juga Ketua Dasawisma Melati I Desa Kampung Apar, Rasniwati, atau yang lebih dikenal dengan panggilan Cimi, untuk bagaimana agar BSSA Desa Kampung Apar ini menjadi lebih besar dan maju lagi kedepanya.

Wako Pariaman ini juga mesupport agar BSSA Desa Kampung Apar ini dapat menjadi eduwisata pengelolaan sampah terpadu, baik untuk para pelajar dan mahasiswa, juga kepada Bank Sampah lainya, baik yang ada di Kota Pariaman, maupun di Provinsi Sumatera Barat.

“BSSA ini setelah saya mendengar dari Pembinanya, saudara Ekho Kurniawan, yang merupakan lulusan Teknik Lingkungan Universitas Andalas (Unand) angkatan 2008 ini, sangat bersemangat dan bertalenta, dan dengan ilmu dan etos kerja yang besar, tidak salah kalau BSSA ini mendapatkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I Terminal DPPU Minangkabau,” ungkapnya.

“Kita juga akan memberikan bantuan berupa satu buah becak motor sampah, yang penganggaranya berada di Kecamatan Pariaman Selatan Tahun 2021 ini, sehingga akan lebih memudahkan mobilisasi penjemputan sampah ke masyarakat nantinya,” tutupnya.

Pada kesempatan ini, Walikota Pariaman yang datang bersama rombogan sepeda juga disuguhkan teh telur jahe greentea, yang dibuat oleh ibu-ibu dasawisma yang ada di Desa Kampung Apar, yang sangat dinikmati dan disukai oleh Genius Umar dan rombongan.

Sementara itu Pembina BSSA Desa Kampung Apar, Ekho Kurniawan, mengucapkan terimakasih atas kunjungan orang nomor satu di Kota Pariaman ini, sehingga akan memberikan semangat lebih dari kami untuk membesarkan BSSA ini di Kota Pariaman.

“Alhamdulillah, kunjungan pak wali ke BSSA ini membuahkan banyak masukan dan manfaat bagi kami, seperti teh telur jahe greentea kampung apar yang kami suguhkan ini, nantinya akan dibranding bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman,” tuturnya.

Selain itu, dari Dasawisma Desa Kampung Apar yang banyak menanam dan membudidayakan jahe, kedepan Pemko Pariaman akan memberikan support produk jahe instan merk “Jahelo” kampung apar ini, yang bekerjasama dengan Dinas Perindagkop dan UKM Kota Pariaman, tutur Ekho yang kini sedang menempuh studi S2 Teknik Lingkungan di Universitas Andalas Padang ini.

“Kami juga diberi kesempatan untuk menjadi pembicara pada acara Festival Bunga dalam program Talk Show nya pada Jum’at pukul 14.00 WIB, bertempat di Pentas Seni Pantai Kata, tanggal 26 Maret mendatang, dan kami mengucapkan terima kasih atas perhatian dan supoort pak Walikota kepada kami,” ulasnya mengakhiri.

Rombongan bersepeda pak walikota pariaman ini juga disambut oleh Camat Pariaman Selatan, Suryadi dan Kepala Desa Kampung Apar, Dodi Susandra. (J/KN)