Tue. Jan 18th, 2022

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Unpam Gelar Santunan Yatim dan Duafa

RMNews, Tangerang Selatan – Para dosen dan mahasiswa Universitas Pamulang menggelar santunan yatim dan duafa. Bertempat di Mushola An Nur Desa Cidokom, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Munggu (11/04/2021).

Dalam kegiatan itu tak kurang dari 100 paket sembako dan uang saku di serahkan kepada mereka dalam perwujudan rasa cinta kasih dan persaudaraan menyambut bulan suci Ramadhan,

Dengan mengikuti disiplin protokol kesehatan (Prokes), acara yang di gagas oleh ketua RW 03. Suwadih dan sekretaris DKM Sugeng Widodo ini berhasil menghimpun dana sehingga acara dapat berjalan sesuai dengan rencana.

Difasilitatori oleh Denok Sunarsi, dosen Universitas Pamulang, kegiatan mendapatkan dukungan dari ketua LPPM Dr. Ali Maddinsyah dan Kaprodi Manajemen Dr. Kasmad.
Kegiatan dibuka dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh Uztadz Miftahuddin dilanjutkan dengan pembacaan doa.

Dalam sambutan nya Suwadih, menyampaikan beberapa pesan yang sangat dalam terkait keberadaan yatim dan duafa di daerah kepemimpinannya di lingkungan RW 03 sekaligus sebagai ketua panitia mengharapkan kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut demi kesejahteraan masyarakat desa terutama yatim dan duafa

Dalam paparannya Dr.(c). Irmal, S.IP., M.M., CT. Selaku perwakilan dari Universitas Pamulang, kegiatan ini adalah perwujudan dari eksistensi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diantaranya Pengabdian Kepada Masyarakat, semoga acara ini dapat bersinergi antara Universitas Pamulang dan Masyarakat Gunung Sindur khususnya.

Acara dipandu oleh MC Maharanny Setiawan Poetri, mahasiswi Program Studi Manajemen dan Sastra Inggris Universitas Pamulang dibawakan dengan sangat apik dan terstruktur

Dalam kesempatan ini Kepala Desa Cidokom, Sain Saputra, S.E., yang diwakilkan oleh Sekretaris Desa, Aji Ibrahim “Program pembiayaan dan pemberdayaan yatim dan duafa yang sudah berjalan dengan baik ini semoga bisa terus berlanjut, sampai dengan saat ini mereka sudah bisa terbiayai sampai mulai dari PAUD sampai dengan Perguruan Tinggi, menyambut bulan suci ramadhan pengurus desa tetap memberikan pelayanan dengan maksimal” paparnya.

Kegiatan game dipilih untuk mencairkan suasana, Kharisma Danang Yuangga, Dosen Pendidikan Ekonomi memimpin acara ini dengan keseruannya, dibantu oleh haikal, Mhd Adlin, Ahmad Zakaria yang sedikit banyak menghibur para yatim dan duafa dengan hadiah kecil yang disiapkan oleh mahasiswa Universitas Pamulang.

Indra, 9 thn. Siswa kelas 3, salah seorang yatim yang mendapatkan hadiah dari game yang di bawakan oleh mahasiswa, indra merasa gembira dengan adanya kegiatan ini, sedikit terhibur karena ayahnya baru saja meninggal di karenakan sakit jantung, dan kehidupan nya estafet di rangkul oleh pengurus setempat dari mulai biaya sekolah sampai dengan biaya hidup sehari hari

Kegiatan ditambahkan dengan penyuluhan pentingnya menjaga kesehatan di masa pandemik, pengembangan diri dan pentingnya bijak menggunakan media sosial serta literasi keuangan , yang disampaikan oleh perwakilan mahasiswa manajemen diketuai oleh Ahmad Wawan dan mahasiswa akuntansi oleh Dini Firdiyanti dengan bimbingan Tati Rosyati, S.E., M.Ak.

Setelah lelah bermain game, kegiatan dilanjutkan dengan siraman rohani oleh Ustadz. H. Mulyadi, S.Ag., M.M. CT., Dosen Universitas Pamulang yang juga aktif dalam kegiatan keagamaan di lingkungan Provinsi Banten, dalam tausiahnya, Unpam sebagai Universitas Terbesar di Tangerang Selatan sangat relevan untuk para yatim dan duafa karena selain biaya yang murah, unpam juga memberikan beberapa kemudahan dalam sistem pembayaran yang bisa di jangkau oleh masyarakat luas, khususnya dengan kondisi ekonomi menengah ke bawah. Esensi syaum atau puasa adalah menjaga silaturahmi dalam bermasyarakat, saling memaafkan atas kekhilafan, tidak menunggu siapa duluan yang meminta maaf. Syarat masuk surga salah satunya adalah menghormati tetangga, barangsiapa yang berbahagia memasuki bulan Ramadhan dengan gembira maka akan diharamkan api neraka, syarat nya adalah menjaga silaturahmi. Pungkasnya.

Acara yang di dukung oleh para donatur Dr. H. Vip Paramarta, Aji Ibrahim, Riri Oktarini, Noerlina Anggraeni, Triyadi, Eti Ariyanti, Wahyitno dan beberapa donatur serta taklim yang tidak bisa disebutkan satu persatu, dengan ikhlas memberikan sebagian rizkinya demi kelancaran acara ini

Sebagai koordinator acara Zaenal Abidin mengharapkan masyarakat yang tidak mampu mendapatkan bantuan secara berkala serta yatim dan yatimah dapat melanjutkan pendidikan sampai ke perguruan tinggi dengan bantuan para donatur.

Kegiatan ditutup dengan Doa bersama dan pembagian paket sembako dan uang saku. (Adv/Red)