Tue. Jan 18th, 2022

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Dema Fidkom dan Fisip UIN SGD Diminta Terus Lakukan Edukasi dan Sosialisasi Untuk Petani

RMNews, Bandung,- Bertajuk pemberdayaan ekonomi dengan mengusung tema besar “Membangun Bangsa Dari Desa,” telah sukses terselenggara di Desa Ciherang, Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Kamis (22/4/2021).

Kegiatan sosialisasi tersebut merupakan rangkaian acara dari pengabdian masyarakat yang di inisiasi oleh DEMA FIDKOM bersinergi dengan DEMA FISIP UIN Bandung dan Komunitas Baroedak Tatanen dari IPB.

Dalam sosialisasinya, Komunitas Baroedak Tatanen dari IPB ini membahas terkait pertanian di Desa Ciherang yang memang sangat butuh sekali pengembangan agar para petaninya bisa lebih berinovasi untuk menciptakan ekonomi kreatif dan mandiri. Khususnya menggiring para petani untuk lebih open minded dalam mewudujukan pertanian yang modern.

“Tujuan kami ini agar para petani bisa meningkatan ekonomi masyarakat dan mewujudkan ekonomi yang kretif juga mandiri. Sehingga bisa berkembang ke ranah nasional dan berdaya jual yang menarik,” tegasnya.

Kemudian, Ketua Umum DEMA FIDKOM Muhamad Ahyani, yang mewakili mahasiswa yang sedang melakukan pengabdian masyarakat juga menyampaikan, bahwasanya kegiatan sosialisasi itu adalah salah satu bentuk advokasi atau bantuan yang diberikan oleh mahasiswa terkait informasi sekaligus edukasi kepada masyarakat berkenaan dengan sektor pertanian.

“Potensi pertanian yang ada di Desa Ciherang ini sangat butuh pengembangan. Kami hadir untuk membantu memberikan ide dan gagasan untuk pengembangan juga pembinaan kepada masyarakat, sehingga nantinya bisa menghasilkan sebuah produk khas dari Desa Ciherang dan itu akan meningkatan ekonomi masyarakat di Desa Ciherang,” ujarnya.

Selain itu, Taofiq selaku Kepala Desa Ciherang. Dirinya menyampaikan bentuk terimakasih dan rasa bangganya sebagai simpul dari masyarakat kepada Mahasiswa yang sedang melakukan Pengabdian. Sosialisasi tersebut menurutnya sangat membantu masyarakat dan memberikan ide-ide briliannya terkait pengembangan potensi yang ada di masyarakat.

“Saya berharap besar agar kegiatan pengabdian ini tidak hanya sekarang saja tetapi bisa berkelanjutan. Dengan segala keterbatasan kami dari segi ide gagasan juga gerakan, maka dengan hadirnya Mahasiswa dan kawan – kawan komunitas ditengah-tengah kami sebagai masyarakat itu dapat memberikan penerangan bagi kami.” pungkasnya.

Agenda tersebut, selain dihadiri oleh Kepala Desa Ciherang, hadir juga Ketua RW dan RT lingkup Desa Ciherang, para tokoh masyarakat dan seluruh elemen masyarakat yang menjadi sasarannya terkhusus yang berprofesi sebagai petani di desa ini. (Roby)