Thu. Dec 9th, 2021

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Promosikan Potensi Wisata Desa Plosorejo Sragen, Tampilkan Reog Singo Barong

RakyatMerdekaNews, Sragen – Masyarakat dan pemuda yang tergabung dalam kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di dusun Candi Bangunsari, Gondang, Sragen Jawa Tengah gencar mempromosikan potensi destinasi wisata desa yang berada di lokasi patilasan Tumenggung Jayengrono. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Sabtu (12/06/2021).

Dalam upaya menarik pengunjung mereka mempersembahkan kesenian Reog Singo Aji Purtro dari Palur, Karanganyar, Surakarta. Tak heran, jika hiburan menyegarkan itu disambut antusias ribuan penonton. Acara dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat. Selain itu juga menampilkan beragam sajian kuliner berikut inovasi saung dari bambu yang diinisiasi oleh Budi Santoso dan Katiman selaku ketua seksi pengembangan wisata destinasi wisata desa Plosorejo.

Dalam kesempatan itu Warsono selaku ketua Pokdarwis yang sekaligus juru kunci patilasan Tumenggung Jayengrono mengatakan, pertunjukan reog untuk menarik sekaligus menghibur masyarakat sekitar. Dengan adanya destinasi wisata desa Plosorejo yang berada di patilasan Jayengrono ini dapat membuka lapangan pekerjaan sehingga masyarakat lebih sejahtera. Salah satunya dengan membludaknya para pedagang, sehingga hal ini menjadi sebuah tolok ukur untuk mengevaluasi kegiatan tersebut untuk lebih inovatif dalam hal sajian kuliner yang ditampilkan oleh masyarakat sekitar lokasi wisata, ujarnya yang diamini ketua pemuda Pagi Romadhon.

Sementara itu Suparno selaku ketua Badan Musyawarah Desa (BPD) Plosorejo yang didampingi ketua seksi keamanan wisata Waiyo mengaku sangat antusias dengan peninggalan sejarah. Ia berharap masyarakat Plosorejo dapat meningkatkan harkat martabat utamanya warga dukuh Bangunsari, desa Plosorejo kecamatan Gondang. Sehingga perokonomian dapat meningkat, dengan adanya kegiatan semacam ini dapat membangun perekonomian. Dengan digelarnya kuliner seperti ini diharapkan membawa derajat ekonomi yang lebih baik, ucapnya.

Riyan Aji C Putra Ketua group Reog Singo Aji Purtro mengatakan, kesenian ini banyak dinaungi oleh para pelajar dibidang seni, kendati masih berusia muda tapi mereka peduli untuk terus melestarikan budaya leluhur nusantara. Yang mana dalam pertunjukan kali ini kami mengusung tema Singo Barong, yang memiliki sebuah arti watak seorang raja yang tunduk kepada permaisuri, katanya. (Tim)