Tue. Jul 27th, 2021

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Pemkab Agam Peringati Perang Kamang dan Manggopoh ke-113


 

Rakyat Merdeka News.Com Agam, Sumbar – Pemerintah Kabupaten Agam memperingati dua hari bersejarah, yang dilaksanakan dengan menggelar Upacara Bendera, Selasa (15/6),

Hari bersejarah itu yakni Perang Kamang dan Perang Manggopoh ke-113, yang dilaksanakan secara Virtual di dua lokasi berbeda.

Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Agam, Khasman Zaini, Senin (14/6) mengatakan, peringatan Perang Kamang digelar di Kantor Camat Kamang Magek dan Perang Manggopoh di kantor Camat Lubuk Basung.

“Perang Kamang dijadualkan bertindak selaku Irup adalah Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ahsarullah. Sedangkan Perang Manggopoh, Dandim 0304 Agam, Letkol Arh Yosip Brozti Dadi,” ujarnya.

Khusus Perang Mangopoh, katanya, rencana awal Irup adalah Bupati Agam, Dr. Andri Warman. Namun, saat ini ia tengah mengikuti pembekalan kepemimpinan dari Kemendagri, yang tidak dapat ditinggalkan.

“Upacara peringatan dilaksanakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan, selain peserta upacara yang terbatas hanya 30 orang, juga dilakukan Virtual,” terang Khasman.

Camat Kamang Magek, Rio Eka Putra mengatakan, peserta upacara peringatan Perang Kamang yang menghadiri langsung berasal dari unsur OPD, Forkopimca, Wali Nagari se-Kamang Magek dan lintas sektor.

“Yang mengikuti secara Virtual adalah masing-masing nagari, bahkan masyarakat juga dapat menyaksikan peringatan Perang Kamang melalui Chanel youtube Kominfo Agam dan Magek Saondoh TV,” katanya.

Hal senada diungkapkan Camat Lubuk Basung melalui Kasubag Umum dan Kepegawaian, Windra Purnama.

Dikatakannya, peserta Upacara yang hadir langsung Forkopimda, Forkopimca, Wali Nagari se- Lubuk Basung, LKAAM, KAN dan Bamus.

“Kegiatan ini di tayangkan melalui Chanel youtube Agam Media Center, agar masyarakat baik di Ranah maupun Rantau juga dapat menyaksikan Peringatan Hari Bersejarah ini,”jelasnya.(R/KN)