Tue. Jan 18th, 2022

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Antisipasi Lonjakan Covid-19, Polsek Bayan Anjurkan Tempat Isoman Terpusat Desa

Rakyatmerdekanews.com, Purworejo -Dengan meningkatnya masyarakat terpapar COVID 19 di wilayah Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo, Jateng yang setiap harinya meningkat terus . Menyikapi hal tersebut Polsek Bayan bersama empat pilar melakukan kerjasama untuk memberikan anjuran ke desa – desa di seluruh wilayah kecamatan Bayan agar menyediakan tempat isolasi mandiri untuk warganya. Demikian dikatakan Kapolsek Bayan , Polres Purworejo Iptu Sarbini SH saat dikonfirmasi awak media diruang kerjanya Rabu (30/6/2021).

Dalam keterangannya Sar bini menjelaskan , bahwa di wilayah Bayan jumlah warga yang terpapar COVID 19 semakin banyak . Oleh sebab itu kami bersama empat pilar turun langsung kedesa desa untuk melakukan anjuran kepada para kepala desa agar mereka menyiapkan tempat isolasi mandiri untuk warganya yang terpapar COVID 19 tanpa gejala,” ujarnya.

Maka untuk mengurangi angka penyebaran COVID 19 kata Sarbini, kami mengacu pada penanganan COVID 19 di Kabupaten Kudus, bagaimana zona merah agar bisa menjadi hijau kembali .

Menurutnya penyebarannya COVID 19 didalam keluarga sangat rentan penularannya terhadap anggota keluarga lainya. Oleh sebab itu isolasi mandiri harus terpisah dari keluarga . Sebab isolasi mandiri dikeluarga tetap bisa menulari anggota keluarga yang lain, jelasnya.

Untuk segera dapat mengatasi makin melonjaknya COVID 19 diwilayah kami , maka empat pilar mengambil langkah – langkah sebagai berikut:
– Menyiapkan tempat isolasi mandiri di masing-masing tingkat desa.
– Isolasi mandiri tingkat desa digunakan bagi warga desa yang positif tapi tidak ada gejala atau maksimal sakit ringan (flu, pilek, demam). Mereka dianjurkan agar memisahkan diri dari anggota keluarga supaya tidak tertular.

Bagi mereka yang terpapar COVID 19 tanpa gejala diharuskan melakukan Isolasi mandiri selama 10 hari, sebagaimana petunjuk dari nakes .
Sedangkan untuk biaya operasional isolasi mandiri terpusat di desa menggunakan Dana Desa sebesar 8 persen .

Menyiapkan Petugas dalam isolasi mandiri yang terdiri dari satgas COVID 19 desa, relawan PPKM Jogo Tonggo, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, dan bidan desa.

Meminta agar desa desa yang marak penyebaran COVID 19 untuk segera melakukan atau melaksanakan isolasi mandiri terpusat desa sebagai jurus yang ampuh memutus mata rantai penyebaran
COVID 19.
Data tempat isolasi mandiri terpusat desa yang sudah dikirim ke kecamatan agar disiapkan.

“Diharapkan dengan kerjasama empat pilar ini benar – benar dapat menekan angka laju lonjakan COVID 19 diwilayah Kecamatan Bayan . Tetap patuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah agar terhindar dari pandemi yang menjadi momok masyarakat tersebut,” tegasnya. (Kun)