Tue. Jan 18th, 2022

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Gedung Tutwuri Handayani Kecamatan Bayan Jadi Lokasi Isolasi Mandiri

Rakyatmerdekanews.com, Purworejo – Ditengah merebaknya kasus covid 19 yang kian hari makin meresahkan masyarakat. Maka guna mengatasi membludagnya pasien covid 19 tersebut di wilayah Kecamatan Bayan , Kabupaten Purworejo kini telah dipersiapkan gedung isolasi mandiri. Demikian dijelaskan Camat Bayan Muharjono SE , saat dikonfirmasi awak media diruang kerjanya ,Selasa (29/6/2021).

Dalam keteranganya Muharjono mengatakan, bahwa untuk mengatasi lonjakan warga yang positif covid 19 ditingkat kecamatan Bayan kini telah disediakan fasilitas isolasi . ” Kami dari pemerintah kecamatan Bayan telah menyiapkan gedung Tutwuri Handayani sebagai tempat isolasi terpusat. Gedung tersebut mampu menampung 50 -75 pasien, dengan fasilitas , listrik , kamar mandi , namun belum ada fasilitas tempat tidur . “Sementara ini kami sediakan karpet untuk tempat tidur,” ujarnya.

Namun demikian ,kata camat kami masih tetap mengusahakan tempat tidur untuk mengisi ruang gedung Tutwuri Handayani , agar penghuni tempat isolasi tersebut bisa beristirahat dengan nyaman , katanya.

Dikatakan pula bahwa di wilayah kecamatan Bayan di setiap desa yang terdiri dari 26 desa sesungguhnya sudah menyiapkan tempat untuk isolasi mandiri bagi warganya. Namun demikian kami tetap berupaya menyediakan tempat isolasi terpusat yang bisa digunakan oleh warga Kecamatan Bayan.

Hal tersebut dirasa sangat perlu, sebab jika dilihat dari lonjakan covid 19 saat ini sudah cukup memprihatinkan. Oleh sebab itu kami segenap fokompimcam berinisiatif untuk menyediakan tempat isolasi terpusat, dengan memfungsikan gedung Tutwuri Handayani yang berlokasi di Jalan Gajahmada kilometer 9 ,terang Muharjono.

Sementara itu Kapolsek Bayan Iptu Sarbini SH menjelaskan, bahwa sesuai edaran dari pemerintah kabupaten Purworejo , untuk menekan lonjakan covid 19. pada hari Minggu 27/6/2021, seluruh pasar dan pertokoan diwilayah Kecamatan Bayan ditutup total, jelasnya.

Namun untuk peraturan selanjutnya akan tetap melihat situasi dan kondisi , jika masih perlu untuk Minggu depan harus tutup maka aturan itu akan tetap berlaku.”Bila melihat lonjakan covid 19 yang hingga kini masih tinggi, kami kira aturan tersebut masih berlaku,” ujarnya.

Kami berharap kepada seluruh warga Kecamatan Bayan agar tetap mematuhi protokol kesehatan, dengan tidak mengadakan keramaian yang dapat memicu penularan covid 19 . Oleh sebab itu tetap menggunakan masker, menghindari kerumunan massa, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan denga sabun atau handsanitizer, tetap dirumah jika tidak keperluan yang mendesak ,pungkasnya .
(Kun)