Mon. Sep 20th, 2021

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Kapal Militer Amerika Serikat Sandar di Pelabuhan Panjang

Rakyatmerdekanews.com – Bandarlampung –  Kerjasama latihan militer antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Angkatan Darat Amerika Serikat (US Army), yang akan berlangsung tanggal 1-14 Agustus 2021 di Pusat Latihan Pertempuran Kota di Rahlat Puslatpur Baturaja, Sumatera Selatan.

USAV Harpers Ferry, kapal angkut jenis LCU (Landing Craft Utility) merupakan kapal militer yang dioperasikan oleh US Army, dan kapal MV Green Bay, sandar di pelabuhan Panjang di dermaga A yang dikelola oleh PT Pelindo II (Persero), sejak hari Minggu (18/7).

Kedua kapal tersebut membawa Personil dan perlengkapan latihan tempur sebanyak 14 kontainer, dimana 11 kontainer diturunkan pada tanggal 22 Juli 2021 di pelabuhan Panjang dalam rangka mendukung latihan bersama di Baturaja, Sumatera Selatan.

Sementara 3 buah kontainer lainnya tetap di atas kapal, yang akan dibawa ke Balikpapan guna mendukung Latihan bersama di Amborawang, Kalimantan Timur.

US Army direncanakan akan mengirim kurang lebih sebanyak 1.000 hingga 1.300 personil, serta berbagai jenis peralatan tempur yang didatangkan dari Amerika Serikat melalui jalur laut dan udara.

Pihak PT Pelindo II (Persero) atau IPC melalui General Manager IPC Panjang Adi Sugiri menjelaskan, bahwa seluruh kegiatan di dermaga A pelabuhan Panjang, Lampung tetap mengutamakan prokes Covid-19 dan siap memberikan dukungan penuh bagi kelancaran kegiatan internasional tersebut.

“Kami memberikan fasilitas terbaik untuk kegiatan bongkar muat kargo khusus, seperti peralatan6 dan kendaraan tempur dari kapal ke dermaga maupun sebaliknya,”imbuh Adi Sugiri. (Delly M)