Sun. Nov 28th, 2021

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Kurir J&T Expres Mogok Kerja, Ini Tuntutannya!

RakyatMerdekaNews.com, Lebak Banten — Karyawan J&T EXPRES melakukan aksi mogok kerja di wilayah Banten pada Senin (18/10/2021). Aksi mogok kerja berawal dari memo yang dikeluarkan oleh perusahaan J&T EXPRES.

Dalam surat edaran memo dari pimpinan perusahaan yang mengatur bahwa setiap kurir harus bisa mencapai target sebanyak 3.500 paket/bulannya. Apabila tidak mencapai target yang telah ditentukan oleh perusahaan, maka kurir tersebut akan diberikan sangsi SP (surat Peringatan) dan ada sangsi denda dan hingga pemotongan gaji.

Menurut salah satu karyawan yang tidak di sebutkn namanya, peraturan ini adalah sepihak yang dikeluarkan oleh manajemen perusahaan. Target tersebut jelas sangat berat apabila area wilayahnya sedikit. Bahkan sangsi berat bisa di berikan hingga pemecatan.

“Menurut kami, peraturan ini tidak elok dan kami sebagai kurir diberlakukan tidak manusiawi,” tambahnya kepada RakyatMerdekaNews di lokasi unjuk rasa Senin (18/10/2021).

Dalam aksi mogok kerja para kurir karyawan J&T EXPRES menyampaikan beberapa tuntutannya :

1. Meminta kepada perusahaan mencabut memo tersebut dan mengembalikan seperti semula.

2. Menghapus yayasan/vendor pengerah tenaga kerja.

Aksi mogok kerja ini akan terus berlangsung selama pihak perusahaan belum tercapai kesepakatan bersama antara pihak perusahaan dan kurir.

Jika tututan dari karyawan tidak dicabut maka mogok kerja akan terus dilakukan sampai memo atau peraturan sepihak dicabut sesuai tuntutan dari karyawan J&T EKPRES. (H. Sarna)