Tue. Jan 18th, 2022

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Kelola Keuangan Sejak Dini, PKM Mahasiswa Lakukan Pembinaan Kemampuan Anak 

Tangerang Selatan – Kita ketahui bahwa keuangan merupakan suatu hal fundamental bagi manusia untuk bertahan hidup. Maka dari itu sejatinya mengajarkan anak mengelola keuangan sejak dini itu penting, lantaran hal ini tidak diajarkan di sekolah.

Jika kita menginginkan anak untuk mencapai kemandirian finansial maka kita harus mengajarkan kepada anak-anak untuk bisa memegang kontrol setiap rupiah yang dimiliki. Pengalaman masa kecil inilah yang perlu kita gali lagi untuk mengajarkan uang kepada anak-anak kita. Cara sederhana untuk mengajarkan anak tentang bagaimana cara mengelola uang yaitu Dengan menabung.

Karena, sejaktinya tidak ada kata terlalu cepat bagi anak untuk mengerti mengenai keuangan. Menurut Melanie Mortimer, dengan memulai pelajaran keuangan dari usia anak 3 tahun, mereka akan tumbuh menjadi generasi yang lebih siap serta cerdas finansial.

Dengan data tersebut kami sebagai Mahasiswa Universitas Pamulang Prodi S1 Akuntansi (Nia Anggraini, Kharisma Aisyah Noviani Aiwin Putri, Siti Nurjanah dan Siti Nurhafifi) bersama-sama didampingi oleh Ibu Tati Rosyati, S.E., M.Ak selaku dosen pembimbing kelompok Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (P(M)KM) Universitas Pamulang melaksanakan acara (P(M)KM) pada tanggal 20 Oktober 2021 di Madrasah Diniah Takmiliyah (MDT) Al-Ikhlas, Jln. Dadap Raya Blok D2 RT.03/04 Kel. Kabasiran Kec. Parungpanjang Kab.Bogor

Adapun fokus tema pada pelaksanaan kegiatan P(M)KM tersebut adalah Membina Kemampuan Anak dalam Mengelola Keuangan Sejak Dini. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menjadikan anak usia dini mampu memiliki kebiasaan dan pola pikir kritis mengenai bagaimana pentingnya mengelola keuangan. Disini mereka bukan hanya mengenal nominal dan fungsi uang. Namun, juga mengenal dan membiasakan diri mereka untuk tahu bagaimana cara mengelola keuangan yang mereka miliki dengan baik. Dengan kegiatan inilah kami berharap dapat memberikan informasi yang cukup untuk mereka mengenai pengelolaan keuangan dengan baik, mengharapkan kedepannya mereka mampu untuk membiasakan diri mereka untuk menyisihkan uang dengan cara menabung. Kami juga mengajarkan kepada anak – anak pentingnya penggunaan uang untuk keperluan yang menjadi prioritas mereka.

Pada akhirnya acara kami memberikan bingkisan sebagai apresiasi kepada anak – anak dari hasil keingintahuan mereka dengan mengajukan pernyataan kepada kami maupun menjawab pertanyaan yang kami ajukan kepada mereka. Serta sebagai bentuk terimakasih kami kepada mereka yang telah berperan aktif dalam mengikuti kegiatan (P(M)KM) ini.

 

Penulis : Nia Anggraini (Mahasiswa Universitas Pamulang)