Sun. Nov 28th, 2021

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Peran TNI Dalam Operasi Pemeliharaan Perdamaian Dunia

Manokwari. — Kodam XVIII/Kasuari, menggelar sosialisasi peran TNI dalam Operasi Pemeliharaan Perdamaian Dunia, di aula Makodam XVIII/Kasuari, Trikora, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat, Rabu (17/11/2021).

Sosialisasi tersebut dipaparkan oleh Wakil Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI Brigjen TNI Heru Lalang Buana selaku Ketua Tim beserta anggota dari PMPP TNI dan dibuka oleh Kepala Staf Kodam (Kasdam) Brigjen TNI Djoko Andoko.

Sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang peran personel TNI pada operasi pemeliharaan perdamaian dunia pada misi PBB.

Kasdam saat membacakan amanat tertulis dari Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han)., mengatakan bahwa Kodam Kasuari merupakan Kodam yang masih baru dibentuk sehingga keterlibatan prajurit pada misi PBB belum sebanyak satuan TNI lainnya.

“Kepada Wadan PMPP kami berharap agar memberikan perhatian dan kesempatan bagi personel Kodam Kasuari untuk dapat ikut serta dalam operasi pemeliharaan perdamaian dunia pada misi PBB”ujar Pangdam.

Pangdam juga menambahkan selama ini Indonesia tidak hanya berusaha menjaga pertahanan dan keamanan dalam negeri namun melalui TNI juga berpartisipasi dalam misi perdamaian dunia.

“Indonesia aktif mengirimkan pasukan penjaga perdamaian ke negara yang dilanda konflik dan berada di bawah bendera perserikatan PBB”ucapnya.

Hingga saat ini Indonesia terus berperan aktif dalam misi pemeliharaan perdamaian perserikatan bangsa-bangsa untuk menjaga perdamaian dan keamanan Internasional yang dibentuk sejak 29 Mei 1948.

Misi Garuda adalah salah satu bentuk komitmen Indonesia ikut terlibat melaksanakan misi pemeliharaan perdamaian yang digelar PBB.

Wadan PMPP TNI pada kesempatan tersebut menjelaskan materi tentang semua yang berkaitan dengan Instansi PMPP TNI baik itu tugas pokok hingga tanggung jawab dan juga menjelaskan tugas-tugas TNI pada misi Perdamaian PBB.

Tim PMPP yang ikut dalam sosialisasi ini Letkol Pom Moendi Nugroho, Letkol Sus Herly, S.T., PCSC., Kapten Chb (K)Vennie Agustin Yiz Vitanti, Letda Inf Agus Triyono, Serma Maryono, Serka Tri Widyanto, Koptu Maska dan Koptu Fengki Rekli K.

Sebelumnya, Ketua Tim sosialisasi beserta para anggota di ruang kerja Pangdam.melaksanakan audiensi kepada Pangdam. Audiensi tersebut selain silaturahmi dan tatap muka juga untuk berdiskusi tentang tugas-tugas PMPP TNI yang terkait dengan Kodam Kasuari.

(Red)