Sun. Nov 28th, 2021

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Banjir Tak Terselesaikan, KSOP Sunda Kelapa Dalam Waktu Dekat Pindah Haluan

Chaerul KSOP Sunda Kelapa

Rakyatmerdekanews.com,Jakarta —  Menegok kebelakang, Pelabuhan Sunda Kelapa adalah salah satu peninggalan sejarah yang berkaitan dengan kemaritiman. Kini Pelabuhan Sunda Kelapa berfungsi sebagai pelabuhan pelayaran rakyat dan kawasan wisata.

Pelabuhan sebagai kawasan wisata ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan dalam hal kegiatan bongkar muat barang secara tradisional dan penggunaan Kapal Phinisi.

Namun sejauh ini dalam perkembangannya untuk menuju pelabuhan kawasan wisata ini belum dikembangkan dengan baik dan kondisi eksisting kawasan wisata yang belum bisa melayani para wisatawan dalam menunjang kegiatan wisata dan pemanfaatan peninggalan sejarah lainnya.

Bahkan Rencana Induk Pelabuhan (RIP), menjadi dasar pengembangan telah menunggu persetujuan dari Pemrov DKI Jakarta dalam Tata ruang dan Tata Kelola kedepan.

“Butuh studi kelayakan dan tinjauan lebih mendasar kajian RIP, yang sudah disetujui. Tinggal menunggu saja,”kata Chaerul, KSOP Sunda Kelapa kepada kepada Rakyatmerdekanews.com,Senin (23/11/2021).

Rancangan pengembangan Pelabuhan Sunda Kelapa kedepan tidak sejalan kondisi yang ada sekarang. Infrastruktur terabaikan. Mengakibatkan genangan air (banjir) yang terus melanda. Drainase tidak berfungsi dan mengakibatkan jalan memasuki Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sunda Kelapa perlu ke hatian-hatian. Karena dihadang banjir yang tak pernah surut.

Gedung Baru Kantor KSOP Sunda Kelapa

Namun hal itu tidak berlarut-larut kondisi kesedihan lantaran pembangunan gedung kantor yang baru KSOP akan selesai dan ditempati awal Desember 2021.

“Kemungkinan kantor baru kita tempati secepatnya. Harapanya agar peningkatan kinerja lebih ditingkatkan,”ungkap Chaerul.(Delly M)