Tue. Jan 18th, 2022

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Wagub Audy bersama Bupati Suhatri Bur Sambut Kedatangan Wamentan Harvick Hasnul Qolbi

Rakyat Merdeka News.Com Padang Pariaman, Sumbar — Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Audy Joinaldy didampingi Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, menyambut kedatangan Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Nagari Katapiang Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman, pada Sabtu (27/11).

Juga terlihat hadir dalam penyambutan, Kepala Dinas Pertanian Sumbar Syafrizal, Kepala Dinas Pangan Sumbar Effendi, Kepala Dinas Perternakan Sumbar Erinaldi, Kakanwil Kemenag Sumbar Dr. H. Helmi, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Padang Pariaman Yurisman Yakub, SP. MM.  dan pejabat Pemkab. Padang Pariaman lainnya.

Dalam kunjungan ini, Wamentan Harvick Hasnul Qolbi mengatakan. Akan terus mendorong korporatisasi pertanian berbasis pesantren untuk meningkatkan rantai pasok produk pertanian Tanah Air dalam upaya mengimplementasikan kemandirian ekonomi.

“Kedatangan kami, ingin melihat langsung produk unggulan yang dihasilkan pondok pesantren Nurul Yakin dan kami juga mendorong agar produk unggulan yang ada di Daerah menjadi komoditas ekspor,” sebut Harvick.

Wamentan Harvick menyebutkan, model korporasi pertanian berbasis pesantren ini menjadi bukti, bahwa peluang usaha disektor pertanian masih terbuka lebar. Ia juga mengapresiasi sistem-sistem canggih yang telah diterapkan dalam penanganan produk.

Selanjutnya, Wamentan Harvick juga mendorong anak muda untuk mengambil peranan di sektor pertanian. Selain bisa menjadi peluang usaha juga sekaligus dapat membangun Desa.

Pada kesempatan itu, Wagub Sumbar Audy Joinaldy berharap. Sinergitas antara Kementerian Pertanian dan Pemprov. Sumbar dapat tercipta untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat luas.

“Provinsi Sumbar memiliki potensi yang sangat besar untuk pertanian. Potensi ini bisa terus didongkrak dengan dukungan dari Kementerian Pertanian,” kata Wagub Audy Joinaldy.

Audy Joinaldy juga mengakui, ketahanan pangan di Sumbar yang tetap kokoh meski berada di masa pandemi Covid-19. Oleh karena itu, dia berharap kerjasama dengan Pemerintah Pusat bisa terus terjalin baik, untuk mendongkrak potensi pertanian di Sumbar.

Selanjutnya, Audy juga mendukung upaya peningkatan animo anak-anak muda untuk mengambil peran pada sektor pertanian. Tujuannya tidak lain adalah mendorong generasi muda mengoptimalkan potensi.

Senada dengan itu, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur atas nama masyarakat mengucapkan rasa syukur dan berterima kasih. Terkait Kunjungan Kerja Wamentan datang ke Kabupaten Padang Pariaman mengantar 65 bantuan untuk Pesantren Nurul Yaqin, sebagai wujud kepedulian Pemerintah terhadap di bidang pendidikan dan pembinaan generasi muda yang Islami.

“Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat untuk pengembangan usaha pertanian di lingkungan pondok pesantren. Terutama dalam menanamkan jiwa wirausaha dan enterpreneur pada santriwan dan santriwati, sebagai bekal dalam mengarungi kehidupan dimasa mendatang”, harap Bupati. (KN)